Pikiran Rakyat
USD Jual 14.039,00 Beli 14.137,00 | Berawan, 20 ° C

PHRI Pangandaran Wacanakan Hotel Tangguh Bencana

Tim Pikiran Rakyat
KETUA BPC PHRI Kab Pangandaran terlantik, Agus Mulyana.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
KETUA BPC PHRI Kab Pangandaran terlantik, Agus Mulyana.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Setelah Pengurus Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten dilantik Senin, 19 Agustus 2019 kemarin untuk periode 2019-2024, PHRI Kabupaten Pangandaran langsung menata diri untuk menciptakan kenyamanan bagi para wisatawan. Salah satu upaya PHRI Kab. Pangandaran yaitu dengan hotel berbasis mitigasi bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran melalui program hotel tangguh bencana (Hotana).

Ketua BPC PHRI Kabupaten Pangandaran Agus Mulyana mengatakan, PHRI akan membuat program kerja ke depan nantinya secara bertahap, salah satunya adalah mendata berapa jumlah karyawan hotel dan ada berapa jumlah restorannya. 

"Kita sosialisasikan kepada manager di masing-masing hotel dan restoran," ujar Agus, Kamis, 22 Agustus 2019.

Agus mengatakan, sebagian besar hotel di Pangandaran itu berada di ring of fire atau daerah rawan bencana. Hotel di Pangandaran selain harus ramah lingkungan juga harus tangguh bencana sehingga nanti harus menyiapkan SDM-nya agar bisa memberikan pemahaman kepada wisatawan.

"Hotel di Pangandaran harus yang ramah lingkungan suapaya wisatawan nyaman untuk berkunjung ke Pangandaran," ucapnya.

Berkelas dunia

Menurut Agus, semua itu dilakukan PHRI untuk mendorong Pangandaran sebagai daerah pariwisata yang berkelas dunia dengan menciptakan hotel dan restoran yang ramah lingkungan, sehingga wisatawan bisa berlama-lama menghabiskan waktu liburannya di Pangandaran. 

Kepala BPBD Kab Pangandaran Nana Ruhena mengatakan, Hotana ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Desa Tangguh Bencana (Destana) tsunami yang pernah dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran selama 4 hari oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat beberapa waktu lalu mulai dari daerah-dartah yang berada di sepanjang pantai selatan pula Jawa mulai dari Banyuwangi Jawa Timur, Yogyakarta dan Kulonprogo Jawa Tengah hingga ke Serang Banten termasuk Pangandaran.

"Ya rencananya kami diajak kerjasama oleh PHRI untuk membentuk hotel tangguh bencana di obyek wisata pantai agar para wisatawan bisa aman dan nyaman saat berlibur ke Pangandaran," kata Nana kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.***
 

Bagikan: