Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Umumnya berawan, 26.1 ° C

Len Salurkan Rp 3 M Dana Program Kemitraan Per Tahun

Ai Rika Rachmawati
null
null

BANDUNG, (PR).- PT Len Industri (Persero) menyalurkan rata-rata Rp 3 miliar dana Progran Kemitraan bagi sekitar 500 mitra binaan. Dana tersebut disalurkan dalam bentuk kredit lunak. Demikian diungkapkan Manager Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Len Industri, Donny Gunawan, di Bandung, Senin, 19 Agustus 2019.

Ia mengatakan, program tersebut digulirkan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan karena Bada Usaha Milik Negara (BUMN) sejatinya berasal dari masyarakat. "BUMN itu berasal dari masyarakat. Okeh karena itu, semua BUMN yang ingin maju, harus tumbuh dan berkembang dengan masyarakat," katanya.

Menurut Donny, mitra binaan Len berasal dari berbagai sektor usaha, baik perdagangan, jasa, industri, maupun peternakan/perikanan. Selain mendapatkan kucuran kredit lunak, mitra binaan Len juga mendapatkan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas usaha. "Len tidak hanya sekadar meminjamkan dana, tapi juga memberikan pembinaan agar usaha mitra binaan bisa terus tumbuh dan berkembang," tuturnya.

Upaya-upaya tersebut juga dilakukan Len sebagai implementasi dari slogan BUMN Hadir untuk Negeri. BUMN, menurut dia, harus bisa menyebarkan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

CSR

Selain program PKBL, Len juga memiliki CSR. Pada akhir pekan lalu, bertepatan dengan Peringatan HUT RI ke-74, Len memberikan bantuan CSR  bagi RT 5/ RW 2 Sukawarna, Sarijadi, berupa pengadaan CCTV serta RT 7/RW 1 Wates, Bandung, berbentuk seperangkat alat kebersihan lingkungan. 

Bantuan CSR diberikan Direktur Operasi 1 Linus Andor Mulana Sijabat, Direktur Keuangan dan SDM Priadi Ekatama Sahari, dan Direktur Operasi 2 Adi Sufiadi Yusuf di Kantor Perusahaan PT Len Industri, Jalan Soekarno Hatta, Sabtu, 17 Agustus 2019. Bantuan tersebut secara simbolik diterima antara lain oleh Ketua RT 5/RW 2 Sukawarna, Muhammad Sufyan Abdurrahman. "Selain program kredit lunak dan CSR, Len juga aktif terlibat dalam penanganan urusan sosial, mulai dari tanggap bencana alam hingga mudik gratis beberapa Idul Fitri terakhir," ujarnya.

Sementara itu, Sufyan menyampaikan terima kasih bagi Len. Ia menilai, bantuan CSR dalam bentuk CCTV tersebut sangat diperlukan karena maraknya insiden kriminalitas, terutama pencurian kendaraan bermotor di semua tempat di Indonesia. "Sekalipun bukan jaminan untuk memutus rantai kriminalitas, setidaknya CCTV bisa menimbulkan efek jera dan antisipasi bagi mereka yang berniat tidak baik," ujarnya.

Minggu kemarin, Len bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Bio Farma (Persero), dan Perum Jasa Tirta (PJT) II juga bersinergi menggelar acara jalan sehat di Kecamatan Jatiluhur. Jalan sehat digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia. 

Pada hari yang sama juga digelar Pasar Murah. Vice President Sekretaris Perusahaan PT Len Industri, Atini Hasanah, mengatakan, tahun ini kegiatan pasar murah membagikan 4.000 paket sembako di 15 desa di Kecamatan Jatiluhur dan Kecamatan Sukasari. "Paket sembako senilai Rp.100.000 bisa dibeli oleh warga hanya dengan Rp.25.000. Pasar Murah dikoordinatori oleh Len Industri, dan semoga bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.***

Bagikan: