Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 19.1 ° C

Orang Indonesia di Antara Pilihan Belanja Online via Perangkat Mobile atau Desktop

Yusuf Wijanarko
BELANJA online/DOK. PR
BELANJA online/DOK. PR

ORANG Indonesia terbukti lebih memilih berbelanja lewat toko online dalam negeri. Tokopedia dan Bukalapak masih mendominasi situs belanja online di Indonesia dengan jumlah trafik bulanan mengalahkan situs belanja online Internasional seperti Lazada, Shopee, AliExpress, dan Amazon.

Orang Indonesia juga lebih suka berbelanja online melalui perangkat mobile daripada desktop. Rata-rata 85 persen pengunjung toko online datang melalui perangkat mobile dan 15 persen melalui desktop.

CupoNation merilis studi tentang toko online yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia selama periode Januari-Juni 2019.

Studi itu juga menganalisis sumber pengunjung yang datang dari perangkat mobile dan desktop, kemudian megurutkannya berdasarkan 2 kategori yakni situs belanja online Indonesia serta situs belanja online Indonesia dan internasional.

Situs belanja online yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia

Meski beberapa situs belanja online international turut masuk dalam jajaran pasar e-commerce Indonesia, perusahaan e-commerce dalam negeri masih menguasai jumlah pengunjung situs selama 6 bulan pertama 2019.

Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi dengan total pengunjung sebanyak 805,5 juta. Angka itu terdiri atas 630.8 juta pengunjung dari perangkat mobile dan 174,7 juta pengunjung dari desktop.

Peringkat kedua dihuni Bukalapak dengan jumlah kunjungan mencapai 599,3 juta pada semester I 2019.

Berikut ini deretan 10 situs belanja online Indonesia dan internasional yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia (dalam juta)

10 situs belanja online Indonesia dan internasional yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia/CUPONATION

Berikut ini deretan 10 situs belanja online Indonesia yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia (dalam juta)

10 situs belanja online Indonesia yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia/CUPONATION

Orang Indonesia Lebih Memilih Belanja Online via Smartphone

Sekira 85 persen pengunjung datang dari perangkat mobile dan hanya 15 persen yang datang dari desktop. Hal itu menunjukkan bahwa hampir seluruh pembeli di Indonesia lebih suka menggunakan smartphone daripada desktop saat berbelanja.

Analisis dari 34 situs toko online ternama di Indonesia menunjukkan, rata-rata 85 persen pengunjung toko online di Indonesia berasal dari perangkat mobile. Persentase itu 33 persen lebih besar dari rata-rata persentase pengunjung toko online versi mobile di dunia (52 persen tahun 2018 menurut data Statista).

10 e-commerce dengan jumlah pengunjung dari perangkat mobile terbesar

Toko online yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah pengunjung dari perangkat mobile terbesar adalah Orami. Sebanyak 99 persen pengunjungnya datang melalui perangkat mobile.

Sophie Paris berada di urutan kedua dengan jumlah kunjungan mencapai 98 persen. Berikut adalah deretan situs belanja online dengan jumlah pengunjung versi mobile terbesar.

1. Orami -- 99% persen
2. Sophie Paris -- 98 persen
3. Mothercare -- 98 persen
4. Orori -- 98 persen
5. Fabelio -- 98 persen
6. Laku6 -- 97 persen
7. Alfacart -- 96 persen
8. Asmaraku -- 94 persen
9. iLotte -- 94 persen
10. Matahari -- 93 persen

10 e-commerce dengan jumlah pengunjung versi dekstop terbesar

Pada zaman ketika hampir semua pengunjung situs belanja online di Indonesia datang dari perangkat mobile, masih ada beberapa toko online yang memiliki jumlah pengunjung desktop dengan persentase tinggi. Zalora punya total pengunjung mencapai 49,02 persen dari desktop.

Sebagian pengunjung Blibli juga lebih memilih menelusuri situs belanja online melalui desktop dengan jumlah hingga 42 persen. Berikut ini 10 deretan situs belanja online yang memiliki jumlah pengunjung desktop terbesar

1. Zalora -- 49 persen
2. Blibli -- 42 persen
3. Elevania -- 37 persen
4. Jakmall -- 27 persen
5. Weshop -- 26 persen
6. JD ID -- 24 persen
7. Ralali -- 23 persen
8. Jakarta Notebook -- 23 persen
9. Tokopedia -- 22 persen
10. PlazaKamera -- 20 persen***

Bagikan: