Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya berawan, 29 ° C

Listrik Padam, Telekomunikasi dan ATM Sempat Lumpuh

Tia Dwitiani Komalasari
ANJUNGAN  tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri,  sempat lumpuh akibat listrik padam.*/ANTARA
ANJUNGAN tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri, sempat lumpuh akibat listrik padam.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Pemadaman listrik yang terjadi di Jakarta, Jawa Barat dans sebagian Banten berdampak pada lumpuhnya sejumlah aktivitas masyarakat. Bahkan sinyal telekomunikasi di beberapa wilayah pun sempat hilang.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan perangkat jaringan terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan aliran listrik tersebut. Telkomsel langsung melakukan inventarisir jumlah perangkat jaringan yang terganggu dan memastikan cadangan energi berfungsi secara maksimal.

"Kami akan terus melakukan monitor kondisi perangkat jaringan dan memastikan layanan tetap berjalan normal untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi," ujarnya.

Gangguan aliran listrik juga berdampak pada layanan keuangan. Sebagian anjungan tunai mandiri (ATM) tidak berfungsi sejak adanya padam listrik.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas, mengatakan beberapa ATM yang berlokasi di luar cabang Bank Mandiri atau di gedung yang tidak memiliki genset, akan mengalami gangguan. Sebab, daya tahan baterai (UPS) hanya untuk 1-2 jam.

Dia mengatakan, Bank Mandiri, terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pengelola-pengelola gedung untuk memastikan dan memonitoring ketersediaan pasokan listrik. Dengan demikian, ATM dan EDC Bank Mandiri bisa berfungsi secara normal.

"Mandiri online juga tetap berjalan normal. Namun, layanan ini dapat terimbas jika jaringan seluler di lokasi nasabah terganggu," ujarnya.***

Bagikan: