Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 27.8 ° C

Kini Setiap Rabu Bisa Panen Cabai Rawit

Tim Pikiran Rakyat
BELI cabe rawit dengan panen sendiri di kebun Rumah Pangan  Mandiri Cekatan Inovatif Kreatif (RPM CIK). Tepatnya, di Jalan Pataruman, Rt 02/03, Kelurahan/Kec Pataruman, Kota Banjar, Rabu 17 Juli 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN
BELI cabe rawit dengan panen sendiri di kebun Rumah Pangan Mandiri Cekatan Inovatif Kreatif (RPM CIK). Tepatnya, di Jalan Pataruman, Rt 02/03, Kelurahan/Kec Pataruman, Kota Banjar, Rabu 17 Juli 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN

BANJAR, (PR).- Masyarakat Banjar dan sekitarnya yang hobi makan "cengek", cabai rawit kini mulai dimanjakan. Pembeli bisa langsung datang ke kebun dan panen sendiri sesuka hati. 

Kebun cengek ini hanya ada di Rumah Pangan  Mandiri Cekatan Inovatif Kreatif (RPM CIK). Tepatnya, di Jalan Pataruman, Jelat, Rt 02/03, Kelurahan/Kec Pataruman, Kota Banjar. 

"Jadwal panen cabai cengek ditentukan setiap Rabu. Sampai sekarang ini sudah tiga kali panen. Setiap panen terjual rata-rata sekitar 10 kg cengek," ujar Pelindung Pengurus RPM CIK, H. Dian Sardiana, Rabu 17 Juli 2019.

Terkait harga yang diberlakukan kepada pembeli langsung di kebun, dijelaskan dia, berani bersaing dengan harga yang berlaku di pasaran sekarang ini. 

"Harga cengek dipasaran sekarang ini mencapai Rp 90 ribu per kg. Kita jual di kebun RPM CIK sebesar Rp 70 ribu per kg. Harga yang diberlakukan lebih murah ini, berawal hobi bertani. Semoga saja berhasil dan dirasakan manfaatnya untuk masyaakat Banjar secara luas," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Dede Iwan.

Luas kebun cengek itu berkisar 30 bata. Dijelaskan dia, selain tersedia tanaman cengek, di kawasan itu juga ada tanaman tomat. Khusus tomat belum waktunya panen. 

"Semua pembeli diperbolehkan petik sendiri. Kalau di Lembang pembeli bisa panen sendiri strobery. Di Banjar ini, pembeli bisa panen sendiri cengek," ujar H.Dian seraya berharap kebun cengek Jelat ini menjadi kawasan agrowisata Kota Banjar.

Kehadiran kebun cengek RPM CIK ini, mendapatkan respon positif masyarakat Banjar, termasuk emak-emak. Tak sedikit diantara pembeli, panen cengek sambil swafoto di kebun.

"Diharapkan kehadiran kebun cengek ini, menjadi solusi mahalnya harga cengek dipasaran. Selain itu, kami berharap mampu meningkatan kesejahtraan para penggarap kebun cengek RMP CIK," tuturnya.

Sejumlah pembeli mengaku puas, beli dan panen cengek sendiri di kebun cengek milik RPM CIK. " Kaum milineal pun, dipastikan suka disuruh belanja cengek sambil swafoto sekarang ini,"ujar seorang pembeli cengek, Ny.Romlah (45). 

Lebih lanjut dia mengatakan, selisih harga cengek Rp 20 ribu dibanding harga yang berlaku dipasaran, dipastikan keberadaannya ini banyak diburu pembeli.***
 

Bagikan: