Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Mau Ikan Arwana Terjual Mahal, Begini Cara Pemeliharaannya

Kodar Solihat
AHLI perawatan ikan arwana asal Cianjur, Ronald Sukamto, mengamati salah seekor ikan arwana yang bagus milik Ketua CIA, Denny Susanto, di Bandung.*/KODAR SOLIHAT/PR
AHLI perawatan ikan arwana asal Cianjur, Ronald Sukamto, mengamati salah seekor ikan arwana yang bagus milik Ketua CIA, Denny Susanto, di Bandung.*/KODAR SOLIHAT/PR

BANDUNG, (PR).- Kalangan penghobi ikan arwana di Jawa Barat yang kini kembali semarak, didorong dapat melakukan perawatan ikan-ikan peliharaannya tersebut secara baik dan benar. Sebab, peliharaan ikan arwana yang memenuhi syarat, akan menghasilkan tampilan ikan arwana yang sempurna, sehat, dan bernilai jual tinggi.

Terkait upaya meningkatkan kemampuan para penghobi merawat ikan arwana tersebut, Club Indonesia Arowana (CIA) Bandung bermitra dengan ahli perawatan ikan arwana, asal Kabupaten Cianjur, Ronald Sukamto (RDC Arowana), untuk memberikan panduan cara merawat ikan arwana secara baik dan benar. Apalagi, kini banyak penghobi baru ikan arwana yang bermunculan di Bandung, Depok, Bogor, Sumedang, Tasikmalaya, dll. 
 
Menurut Ketua CIA, Denny Susanto, di Bandung, Jumat 12 Juli 2019, bahwa pemeliharaan terhadap ikan arwana memang memerlukan kontinuitas dan pemeliharaan agar tampilannya bagus dan sehat. Semaraknya kembali hobi memelihara ikan arwana, harus didorong agar berbagai ikan arwana yang dimiliki para penghobi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat menjadi rata-rata berkualitas tinggi.

Pada sisi lain, kata Denny Susanto, semaraknya kembali hobi memelihara ikan arwana, juga berpotensi memberikan banyak rantai manfaat. Misalnya, secara ekonomi maupun lapangan usaha yang saling terkait, sekaligus menjadikan ikan arwana menjadi salah satu daya tarik di Jawa Barat.

Faktor genetik

Terkait cara merawat dan memelihara ikan arwana yang baik dan benar untuk menghasilkan tampilan sempurna dan sehat, menurut Ronald Sukamto, sangat bergantung dua faktor yang saling terkait, yaitu perawatan dan faktor genetik ikan bersangkutan. Apalagi, jika pemilik ikan arwana bersangkutan, menginginkan agar peliharaannya itu dapat diperlombakan pada sejumlah kontes. 

Dikatakan, secara umum memelihara atau membesarkan ikan arwana, adalah dimulai dengan memelihara ikan anakan ukuran 15 cm dimana harganya kini Rp 3-5 juta/ekor. Selama pemeliharaan pembesaran ini, tak boleh terjadi kurang air, jaga kualitas air, pakan proporsional, suhu air dijaga 28-30 derajat, dll.

Disebutkan Ronald Sukamto,di Bandung, Kamis (11/7/2019),  pada tahun kelima setelah ukurannya besar, kemudian warna ikan arwana bersangkutan mulai terbentuk, dan berharga jual mahal, biasanya ratusan juta rupiah.  Faktor yang menentukan harga adalah tampilan proporsional dan kesehatannya, diantaranya dengan menjaga takaran pakan. 
  
Proses lainnya yang harus dilakukan untuk memunculkan warna, disebutkan Ronald Sukamto, adalah tanning, dengan menggunakan lampu yang dinyalakan dalam akuarium dimana ikan arwana tersebut berada. Ada pun lampu yang cocok untuk melakukan tanning tersebut, dikatakan adalah dari jenis lampu matahari. 

Diketahui, cara perawatan ikan arwana yang baik dan benar memenuhi persyaratan, akhirnya menghasilkan tampilan yang sempurna dan menarik perhatian. Salah satu hasilnya, dimana ikan arwana milik Ronald Sukamto memperoleh prestasi pada ajang pameran ikan hias terbesar di dunia, Aquarama 2019, di Guangzhou, Tiongkok, 31 Mei s.d 2 Juni 2019.***
 

Bagikan: