Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 23.5 ° C

Pasokan Avtur untuk Penerbangan Haji Sudah Aman

Tia Dwitiani Komalasari
null
null

JAKARTA,  (PR). - Pertamina menyiapkan tambahan pasokan avtur untuk memenuhi kebutuhan penerbangan jamaah calon haji di 12 bandara embarkasi. Total kebutuhan avtur musim haji tahun ini diperkirakan mencapai sekitar 89 juta liter, atau meningkat 11 persen dibanding tahun lalu sebesar 79,3 juta liter. 

Vice President Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan tambahan pasokan avtur ini merupakan upaya Pertamina untuk memastikan perjalanan jamaah haji terlaksana dengan aman dan nyaman. “Kami telah melakukan beberapa upaya untuk memastikan kebutuhan avtur selama musim haji ini dapat terpenuhi dengan baik,” katanya dalam siaran tertulis,  Minggu 7 Juli 2019.

Dari 12 bandara yang melayani penerbangan haji, kenaikan konsumsi tertinggi diprediksi akan terjadi di bandara Kuala Namu – Medan dengan kenaikan sebesar 58 persen. Setelah itu kenaikan tertinggi terjadi di bandara Adi Sumarmo – Solo dengan kenaikan sebesar 38 persen, dan bandara Sepinggan – Balikpapan sebesar 16 persen.

Selain tambahan pasokan avtur, Fajriyah mengatakan, Pertamina juga telah menyiapkan tambahan armada dan menyiagakan petugas di setiap bandara embarkasi untuk melayani avtur selama musim haji. Untuk kelancaran operasional, Pertamina juga melakuan koordinasi dengan berbagai pihak seperti maskapai, angkasa pura, Pemda dan lembaga terkait untuk turut serta menyukseskan ibadah haji.

“Mudah-mudahan dengan dukungan Pertamina penerbangan jamaah haji ke tanah suci berjalan lancar,” ujar Fajriyah.
 
Sementara itu maskapai nasional Garuda Indonesia beserta anak perusahaan, menyatakan kesiapannya dalam pelaksanaan operasional penerbangan Haji tahun 2019/1440H.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, Garuda Indonesia akan menerbangkan sebanyak 111.071 jamaah yang tergabung dalam 284 kelompok terbang (kloter) dari 9 embarkasi. 

"Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan layanan operasiona haji tersebut, Garuda Indonesia Group bersama jajaran terkait berupaya untuk terus meningkatkan aspek keselamatan, on time performance (OTP), dan service excellence," ujarnya. 

Total jamaah haji Indonesia tahun 2019 yang akan diberangkatkan mencapai 111.071 jamaah. Para jamaah tersebut akan diterbangkan dengan 14 pesawat Garuda Indonesia, diantaranya adalah pesawat jenis Boeing 777 (kapasitas 393 seat), Airbus 330 (kapasitas 360 seat) dan Boeing 744 (kapasitas 455 seat).***

Bagikan: