Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.4 ° C

Kontribusi Koperasi Terhadap PDB Capai 5,1%

Ai Rika Rachmawati
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Kontribusi koperasi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) terus menanjak dan mencapai 5,1% pada 2018. Lima tahun lalu, tepatnya pada 2014, kontribusi koperasi terhadap PDB hanya 1,71%.

Demikian diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, pada Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Pusat Koperasi Kabupaten/Kota Tasikmalaya dengan Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia dalam Rangka Revitalisasi Kawasan Tugu Peringatan Kongres Koperasi di Kota Tasikmalaya. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Prama Grand Preanger, Jln. Asia Afrika, Bandung, Rabu, 26 Juni 2019.

"Ini merupakan salah satu indikator keberhasilan program reformasi koperasi," ujarnya.

Melalui program tersebut, Kemenkop dan UKM membubarkan koperasi yang tidak aktif dan bermasalah serta fokus dalam upaya peningkatan kualitas koperasi. Hingga saat ini sudah sekitar 50.000 koperasi yang dibubarkan secara nasional.

"Sekarang sisanya sekitar 138.000. Orientasi kami adalah kualitas," tutur Puspayoga.

Ia mengatakan, program reformasi koperasi tersebut akan terus dilakukan. Dengan demikian, walaupun jumlah koperasi terus berkurang, tapi memiliki kualitas prima.

"Amerika Serikat adalah negara kapitalis. Akan tetapi, 100 dari 300 koperasi besar dunia berasal dari Amerika Serikat," kata Puspayoga.

Dengan upaya reformasi koperasi tersebut, ia mengaku berharap, ke depan akan ada koperasi dari Indonesia yang masuk jajaran 300 koperasi besar dunia. Lebih dari itu, ia juga mengaku berharap, ke depan peran koperasi dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan semakin besar.

"Sasaran akhirnya tentu saja pemerataan pembangunan perekonomian nasional," ujarnya.***

Bagikan: