Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 20.3 ° C

Penjualan Listrik PLN Jabar Naik 3,83%

Ai Rika Rachmawati
ILUSTRASI PLN.*/DOK. PR
ILUSTRASI PLN.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Sepanjang triwulan I/2019 PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat (Jabar) mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 3,83% year on year (yoy). Total peningkatan penjualan listrik pada periode tersebut mencapai 456.761 Mega Watt Hours (MWH).

Demikian diungkapkan General Manager PT PLN (Persero) UID Jabar, Iwan Purwana, di Bandung, Selasa 25 Juni 2019. Jika dirupiahkan, menurut dia, pertumbuhan pendapatan PLN UID Jabar pada periode tersebut mencapai 4,48% yoy.

"Pertumbuhan penjualan ini tidak terlepas dari upaya PLN untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan listrik dan meningkatkan kinerja operasi. Penyumbang terbesar berasal dari segmen tarif sosial, sebesar 13,4%," ujarnya.

Beberapa program pemasaran yang dinilai Iwan sudah berhasil menunjang pertumbuhan penjualan tersebut, di antaranya adalah program layanan premium. Selain itu, juga program diskon tambah daya dan sosialisasi konversi kompor gas ke kompor induksi yang dilakukan di seluruh Unit Layanan PLN UID Jabar. 

Pemasaran secara intensif, menurut dia, juga dilakukan PLN UID Jabar kepada pelanggan-pelanggan segmen industri dan bisnis yang menjadi target penambahan daya. Ia mencontohkan seperti yang dilakukan di Bekasi dan Cikarang.

"Di kedua daerah tersebut kami berhasil menjaring 32 pelanggan untuk melakukan penambahan daya, dengan delta penambahan daya sebesar 256 juta VA (Volt Ampere) pada Maret 2019," kata Iwan.

Dengan beragam upaya tersebut, menurut dia, total pelanggan segmen bisnis dan industri PLN UID Jabar sudah bertambah sebanyak 15,1%. Saat ini total pelanggan premium di Jawa Barat mencapai 615 pelanggan dan 20% di antaranya berada di Bekasi dan Cikarang. 

"PLN UID Jabar berkomitmen siap melayani kebutuhan layanan ketenagalistrikan. Kami juga akan terus berupaya melakukan perbaikan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0" ujarnya. Untuk pelanggan yang ingin menikmati layanan premium, menurut dia, dapat mengajukan permohonan ke unit PLN terdekat. Selanjutnya, PLN akan melakukan kajian teknis kehandalan.

 "Tahun ini PLN juga memberikan diskon 100% untuk penambahan daya rumah ibadah dan diskon sebesar 50% utk pelanggan rumah tangga. Diskon ini berlangsung sampai 30 Juni 2019," tuturnya.***

Bagikan: