Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 28 ° C

Harga Cabai Merah Kembali Tembus Rp 50.000/Kg

Nuryaman

SETELAH lebaran Idulfitri yang baru lalu hingga sekarang harga cabai merah di Kabpaten Kuningan melambung tinggi.*/NURYAMAN/PR
SETELAH lebaran Idulfitri yang baru lalu hingga sekarang harga cabai merah di Kabpaten Kuningan melambung tinggi.*/NURYAMAN/PR

KUNINGAN, (PR).- Harga jual cabai merah di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Kunigan sepekan setelah lebaran Idulfitri 1440 Hijriyah hingga saat ini terus merangkak naik. Berdasarkan keterangan sejumlah pedagang serta hasil pendataan petugas pendata harga bahan makanan pokok dan bahan strategis lainnya di Pasar Kepuh dan Pasar Baru Kuningan, harga cabai merah di lapak-lapak pedagang di kedua pasar tradisional terbesar di Kabupaten Kuningan itu, Kamis 20 Juni 2019 telah menjangkau Rp 45.000 hingga Rp 50.000 per kilogram.

Petugas pendata harga bahan makanan pokok dan bahan strategis lainnya di Pasar Daerah Kabupaten Kuningan Risman, dibenarkan sejumlah pedagang cabai dan aneka sayuran di kedua pasar terebut menerangkan, dua hari hinga sehari menjelang lebaran idul fitri kemarin harga cabai merah sempat melambung tinggi hingga kisaran Rp 70.000/Kg. Kemudian setelah lebaran harga komoditas tersebut kembali berangsur turun hingga sempat mencapai Rp 30.000/Kg.

Namun, harga tersebut hanya bertahan kurang dari sepekan. Berikutnya, tutur Risman, mulai tangal 13 Juni hingga Kamis 20 Juni 2019 harga cabai merah di pasar-pasar daerah di Kabupaten Kuningan terus merangkak naik. “Dari Rp 30.000/kg awalnya naik menjadi Rp 35.000/kg. Tiga hari kemudian naik lagi menjadi Rp 40.000/Kg dan terdata per hari ini harga cabai merah di Pasar Baru dan Pasar Kepuh ini sudah berubah lagi naik ke posisi harga antara Rp 45.000 hingga Rp 50.000/kg,” ujar Risman yang sedang berada di Pasar Kepuh Kuningan.

Sejumlah pedagang cabai merah dan sayur-sayuran di Pasar Baru Kuningan, di antaranya Acuy (28), Ega (21), dan Yuyun (54) menyatakan kenaikan harga tersebut mengikuti kenaikan harga pembelian dari pemasok. “Namanya dagang soal harga jual ya tergantung dari harga pembeliannya. Kalau harga pembelian barangnya naik ya ikut naik, kalau turun ya ikut turun,” tutur Yuyun, seraya menambahkan harga pembelian cabai merah dari para penyedia atau pemasok ke lapak-lapak pedagang sayuran paling murah kini sudah melampaui kisaran Rp 40.000/kg.

Keterangan senada juga diungkapkan Asep (49) salah satu pedagang cabai merah dan aneka sayuran di Pasar Kepuh Kuningan. Namun, menurut mereka sementara ini stok cabai merah di para pemasok atau tempat pembelian para pedagang eceran masih mudah didapat. 

“Barangnya sih sampai sekarang pun masih mudah didapat, hanya saja harganya dalam beberapa minggu belakangan ini terus meningkat,” tutur Asep.

Mereka menduga, kenaikan harga cabai merah dalam beberapa pekan terakhir dikarenakan pada bulan ini di Kabupaten Kuningan banyak masyarakat membeli cabai merah dengan volume cukup banyak untuk bumbu-bumbu masakan pada acara-acara hajatan, seperti hajatan pesta pernikahan dan khitanan. Dugaan sama juga dikemukakan Risman petugas pendata harga bahan makanan pokok dan bahan strategis di Pasar Daerah Kabupaten Kuningan dari Dinas Perdagangan dan Peridustrian Kabupaten Kuningan.

Bahkan, Risman memprediksi harga cabai merah dalam beberapa bulan ke depan bisa terus bertahan pada kisaran harga sekarang hingga musim pemberangkatan jemaah haji tahun ini. Pasalnya selepas lebaran idul ftiri hingga jadwal pemberangkatan jemaah haji tiba, selain banyak masyarakat menggelar hajjatan biasanya banyak juga calon jemaah haji sebelum berangkatmengadakan dulu  acara walimatus safar disertai menyediakan jamuan makan untuk para undangannya.***

Bagikan: