Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya cerah, 27 ° C

Nelayan Panen Ikan Teri, Tiap Hari Bisa Mencapai 1 Ton Lebih

Tim Pikiran Rakyat
DERETAN ikan layang/teri tengah diasinkan memenuhi lapangan Katapang Doyong di pantai timur Pangandaran, Senin, 17 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
DERETAN ikan layang/teri tengah diasinkan memenuhi lapangan Katapang Doyong di pantai timur Pangandaran, Senin, 17 Juni 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Sudah satu minggu ini, para nelayan tradisional di Kabupaten Pangandaran tengah sibuk melakukan aktivitasnya di laut dan di tempat penjemuran ikan. Pasalnya saat ini tengah masuk musim jenis ikan layang/teri.

"Sudah seminggu ini sedang banyak ikan layang," ungkap Nina (51) nelayan asal Gang Tawes Dusun Parapat, Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran saat ditemui di tempat penjemuran ikan di lapangan Katapang Doyong pantai timur Pangandaran, Senin, 17 Juni 2019.

Menurut Nina, hanya dalam satu hari, hasil tangkapan ikan layang bisa mencapai 1 ton lebih, sekali melaut bisa bisa memenuhi 12 blong (tempat ikan) yang kemudian ikan layang tersebut dijemur melalui proses pengasinan dengan garam sebelum dijual kepada pengepul.

"Kalau ikan asin kering dan kecil harganya tinggi, bisa mencapai 17 ribu perkilogramnya, kalau basah paling 3 sampai 5 ribu perkilonya," kata Nina, seraya menambahkan, ikan asin tersebut biasa dijual oleh pengepul ke daerah Jawa Timur.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah musim ikan layang, akan berlanjut memasuki musim udang rebon.

"Dari sekarang juga udang rebon mulai bermunculan, tapi karena jumlah ikan layang yang sifatnya berkelompok, mungkin udangnya pada takut jadi hilang lagi," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.

Menurut Nina, untuk proses pengasinan, dirinya masih membeli garam dari pengepul yang dibawa dari daerah pantai utara Jawa Tengah.

"Menurut saya untuk harga garam masih mahal harganya 35 ribu perkarung isi 25 kg. Biasanya untuk harga normal sih 25 ribu per 25 kg nya," ujar Nina.***

Bagikan: