Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sedikit awan, 15.9 ° C

Pandeglang tidak Ada Pabrik, Pencari Kerja Terpaksa ke Luar Daerah

Tim Pikiran Rakyat
SEKRETARIS Disnakertrans. Pandeglang Kab, H. Encep Mahpudin.*/ADE TAUFIK/KABAR BANTEN
SEKRETARIS Disnakertrans. Pandeglang Kab, H. Encep Mahpudin.*/ADE TAUFIK/KABAR BANTEN

PANDEGLANG, (PR).- Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang, mencatat ada peningkatan jumlah pencari kerja setiap tahun.

Sekretaris Disnakertrans, H. Encep Mahpudin mengatakan, untuk jumlah pencari kerja hanya sedikit mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Kalau untuk jumlah rincinya memang saya tidak tahu persis, akan tetapi untuk angka pencari kerja terus meningkat meskipun tipiS. tahun 2017 sekitar 11.500 lebih, dan tahun 2018 juga jumlahnya sedikit naik sekitar 11.600 lebih sedikit. begitu pula tahun ini pasti ada kenaikan sedikit," ucap Encep  Kamis 13 Juni 2019.

Ia mengatakan, momentun yang paling banyak diserbu para pencaker ada dua waktu, yang pertama pada pascalebaran, dan yang kedua pascapelulusan sekolah.

"Kalau untuk jumlah yang paling ramai dan banyak itu hanya dua momen sebetulnya, yang pertama itu adalah setelah lebaran, kalau tidak setelah pelulusan sekolah. Tapi kami sudah mengantisipasi itu dengan beberapa metode agar para pencaker bisa terlayani," katanya kepada wartawan Kabar Banten, Ade Taufik.

Menurutnya, mayoritas pencari kerja yang hendak membuat surat keterangan mencari kerja, didominasi oleh pencari kerja yang memburu daerah dengan gaji yang tinggi, yakni di luar Kabupaten Pandeglang.

"Mereka itu kebanyakan yang mencari kerja ke luar daerah, karena di Kabupaten Pandeglang tidak ada pabrik atau industri. Tapi kalau untuk jumlah seluruh industri di Kabupaten Pandeglang, itu kan banyak kalau dicampur dengan home industri," ujarnya.***

Bagikan: