Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sebagian berawan, 19.6 ° C

Pembudidaya Ikan Hias Sempat Kesulitan Cari Pakan

Kodar Solihat
SEJUMLAH masyarakat memperhatikan tampilan aneka ikan hias arowana.*/KODAR SOLIHAT/PR
SEJUMLAH masyarakat memperhatikan tampilan aneka ikan hias arowana.*/KODAR SOLIHAT/PR

SUMEDANG, (PR).- Sejumlah kalangan usaha pembudidayaan dan pembesaran ikan hias air tawar di Kabupaten Sumedang, melakukan konsolidasi untuk memperkuat jaringan usaha di antara mereka. Apalagi, usaha ikan hias di Sumedang kini bergairah karena mulai menjadi sumber buruan diantara para penghobi ikan hias. 

Usaha produksi dan pembesaran ikan hias di Sumedang beragam jenis dan ukurannya, maupun harganya, mulai kelas rakyat sampai kelas atas. Misalnya, ikan cupang, ikan guppy, ika  koki, ikan koki, bahkan ikan arowana, kini pembudidayan dan usaha pembesarannya berkembang di Sumedang. 

Konsolidasi tersebut, menurut salah seorang pelaku usaha ikan hias di Sumedang, Adhitya Martanagara, Senin 10 Juni 2019, para pelaku usaha ikan hias di Sumedang tergabung ke dalam Paguyuban Ikan Hias Sumedang. Dalam pertemuan yang dilakukam baru-baru inu,  intinya agar para pelaku ikan hias bisa memproduksi pakan sendiri baik pakan alami atau pelet.

Tujuan cara tersebut, menurut Adhitya, agar para pembudidaya maupun usaha pembesaran ikan hias di Sumedang tak bergantung kepada bahan pabrikan. Latar belakangnya, para pembudidaya ikan hias di Sumedang pernah mengalami kondisi kesulitan pakan bagi usahanya, karena beberapa kejadian pakan di pasaran menghilang atau harganya berlipat. 

Ketua Paguyuban Ikan Hias Sumedang, Dede Ramadhan, membenarkan, bahwa sejumlah upaya penguatan usaha ikan hias dilakukan di Sumedang. Usaha ini bukan hanya yang berskala besar, juga memperkuat usaha skala kecil-menengah agar muncul menjadi usaha alternatif yang menguntungkan. ***

Bagikan: