Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sedikit awan, 16.1 ° C

Konsumsi Pertamax Naik Hampir 100 % Saat Musim Mudik

Tia Dwitiani Komalasari
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

JAKARTA, (PR).- Bahan bakar minyak beroktan tinggi menjadi pilihan utama bagi pemudik di tahun 2019. Konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa mengalami kenaikan sebesar 96% atau sebesar 179.000 liter per hari dibandingkan rata-rata harian normal.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, Konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan pada saat puncak konsumsi arus mudik pada tanggal 4 Juni 2019, konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa mengalami peningkatan sebesar 256% dari rata-rata harian normal atau sebesar 477.000 liter.

"Peningkatan konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa merupakan yang paling tinggi dibandingkan produk-produk gasoline Pertamina lainnya, hal ini menjadi bukti bahwa pemudik memilih bbm berkualitas beroktan tinggi untuk mendapatkan performa mesin yang prima selama mudik," ujarnya, Sabtu, 8 Juni 2019.

Berdasarkan pantauan penyaluran BBM di SPBU Toll Trans Jawa hingga 5 Juni 2019, produk unggulan Pertamina lainnya yaitu Pertamax Turbo dan Pertamina Dex juga mengalami kenaikan yang signifikan sekitar 71% dan 63%. Sementara Pertalite dan Premium masing masing mengalami kenaikan 54% serta 39%.

Dia mengatakan, Pertamina terus menyiagakan sebanyak 83 SPBU di sepanjang tol Trans Jawa. Fajriyah mengimbau pemudik agar melakukan isi penuh tangki BBM untuk menghindari penumpukan kendaraan di SPBU.

Avtur

Konsumsi Avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus balik yang terjadi pada Sabtu, 8 Juni 2019. Puncak arus balik diperkirakan berlanjut pada hari ini, Minggu, 9 Juni 2019.

"Permintaan avtur naik 11,9% dari konsumsi normal, pada puncak arus balik Sabtu kemarin. Kenaikan konsumsi terutama terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta," ujar Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami.

Khusus di Bandara Soekarno Hatta,  dia mengatakan, konsumsi Avtur naik 12,6 % dibandingkan rata rata konsumsi harian pada kondisi normal pada puncak arus balik.  Hal sama juga terjadi di Bandara Halim Perdana Kusuma naik sekitar 11,8%. 

Sementara di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Pondok Cabe, Tangerang, dan Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka konsumsi cenderung turun. 

"Naiknya konsumsi Avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik. Kami tetap menyiagakan pasokan mengingat besok pagi masyarakat sudah kembali beraktivitas setelah cuti bersama Idulfitri," ujar Dewi.***

Bagikan: