Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 18.3 ° C

Bawang Putih Impor untuk Operasi Pasar, Produk Lokal untuk Pembenihan

Kodar Solihat
SEJUMLAH konsumen memilih-milih bawang putih, pada operasi pasar dilakukan BUMD PT Agro Jabar di halaman barat Gedung Sate Bandung, Jumat 31 Mei 2019.*/KODAR SOLIHAT/PR
SEJUMLAH konsumen memilih-milih bawang putih, pada operasi pasar dilakukan BUMD PT Agro Jabar di halaman barat Gedung Sate Bandung, Jumat 31 Mei 2019.*/KODAR SOLIHAT/PR

BANDUNG, (PR).- Operasi pasar komoditas bawang putih untuk sepekan menjelang Idulfitri 1440H/2019 dilakukan badan usaha milik daerah (BUMD) Jawa Barat, PT Agro Jabar di halaman pakir barat Pemprov Jawa Barat Gedung Sate Bandung Jalan Diponegoto Bandung, Jumat 31 Mei 2019.  Penjualan bawang putih operasi pasar oleh PT Agro Jabar itu langsung banyak dibeli konsumen, apalagi harganya di bawah pasaran umum. 

Sebanyak 7 ton bawang putih impor asal negara Cina, dijual dengan harga Rp 25.000/kg atau di bawah harga pasaran umum yang diketahui umumnya masih sekitar Rp 37.000-38.000/kg. Bawang putih diketahui merupakan salah satu komoditas penting dan pokok bagi masyarakat, apalagi menjelang Idulfitri banyak dibutuhkan oleh konsumen.

Penjualan harga bawang putih oleh PT Agro Jawa Barat tampaknya juga yang termurah saat ini, apalagi sepekan menjelang Idulfitri 1440H. Rata-rata yang membeli sekitar 1-2 kilogram, bahkan ada yang dijual dengan dipilih sendiri ukuran yang diperlukan.  
 
Manajer Kebun PT Agro Jabar, Adim, menyebutkan, yang dijual seluruhnya sengaja adalah bawang putih impor asal Tiongkok. Sedangkan produksi lokal di Cimenyan, dimana PT Agro Jabar menjadi mitra dengan petani, seluruhnya diperuntukan untuk pembenihan sampai tahun depan sesuai instruksi Kementerian Pertanian.

Disebutkan, harga penjualan bawang putih melalui operasi pasar dilakukan PT Agro Jabar ini, merupakan harga termurah jika dibandingkan dengan kondisi harga sebelumnya. Diketahui, harga bawang putih di pasaran sempat mencapai Rp 100.000/kg, lalu turun ke Rp 80.000/kg. lalu ke Rp 37.000-38.000/kg, sedangkan yang kini dijual oleh operasi pasar PT Agro Jabar hanya Rp 25.000/kg.

Menurut Adim, penjualan bawang putih operasi pasar PT Agro Jabar ini ditagetkan seluruhnya 7 ton habis terjual. Namun jika ada sisa, akan dijual ke kawasan Pasar Kosambi Jalan Ahmad Yani Bandung. ***

Bagikan: