Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 22.7 ° C

Bagaimana Supaya Pengajuan Pinjaman Dana Online Disetujui?

Advertorial
ILUSTRASI.*/DOK KREDIVO
ILUSTRASI.*/DOK KREDIVO

FINTECH memang tak bisa dipungkiri membuat proses pinjaman dana jadi semakin mudah. Persyaratannya dan proses pengajuannya jauh lebih ringkas dan praktis. Bermodalkan aplikasi dalam smartphone, pinjaman dana bisa kamu dapatkan dalam hitungan hari, bahkan jam. Masyarakat yang sebelumnya kesulitan untuk mendapatkan akses kredit, kini semakin dipermudah. Maka dari itu, mulai banyak orang yang beralih ke fintech. 

Meskipun demikian, bukan berarti semua orang bisa disetujui pengajuannya oleh fintech. Sebab, mereka memiliki caranya sendiri dalam menilai kelayakan kredit calon nasabah. Apabila kamu dianggap tak layak, pengajuanmu bisa saja ditolak. Jadi supaya kamu tak jadi salah satu yang ditolak pengajuannya, jangan lupa gunakan cara ini!

Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan

Layanan pinjaman dana online biasanya memberi beberapa persyaratan bagi calon debiturnya, antara lain minimum pendapatan, usia, dan domisili. Persyaratan yang belum terpenuhi seringkali menjadi penyebab utama pengajuan seseorang ditolak, mulai dari persyaratan domisili, usia, hingga pendapatan. 

Seringkali calon peminjam mengalami kendala pada persyaratan minimum pendapatan yang cenderung tinggi. Tapi tenang, masih ada kok fintech yang persyaratan pendapatannya cukup rendah, seperti Kredivo misalnya.

Untuk daftar Kredivo, kamu cukup punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. Persyaratan pendaftaran lainnya nya juga gampang, yang penting, kamu sudah berumur 18 tahun ke atas, dan tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Dengan memenuhi seluruh persyaratan, peluang pengajuan kreditmu jadi lebih besar untuk disetujui.

Ketepatan dokumen dan data tak kalah penting

Sama seperti pendaftaran melalui bank, perusahaan pinjaman dana online cepat biasanya akan melakukan verifikasi dokumen calon nasabah. Biasanya mereka mengandalkan data digital untuk mengukur risiko kredit pendaftar. Lain halnya dengan kredit konvensional yang mengharuskan pendaftar menyertakan dokumen, yang kemudian akan diverifikasi oleh para analis di kantor. 

Tapi, lain halnya dengan kredit online yang melakukan proses verifikasi melalui serba online. Pastikan kalau semua dokumen tersebut tercantum atas namamu sendiri. Sebab, ini akan membuat reputasi kamu sebagai calon peminjam akan jadi lebih baik dan bisa dipercaya. Hindari mengunggah dokumen yang bukan atas namamu apalagi memalsukan data. Misalnya seperti memalsukan slip gaji, atau mengunggah STNK sebagai bukti alamat, namun karena kamu membeli kendaraan bekas, STNK-nya belum dibalik nama. Hal ini bisa membuat profil kamu menjadi lemah dan terlihat nggak konsisten, sehingga akan dianggap sebagai calon peminjam berisiko.

Kalau nggak mau ribet, pilih saja Kredivo menawarkan proses pengajuan yang serba mudah. Kamu nggak perlu lagi mengunggah sejumlah dokumen. Sebagai gantinya, kamu cukup menyambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi sebagai bukti alamat, dan menghubungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan. Jauh lebih mudah kan?

Perhatikan juga slip gaji dan arus keuangan

Selain domisili dan usia, jumlah gaji juga menjadi salah satu persyaratan pendaftaran Kredivo. Ketika kamu melampirkan slip gaji atau menyambungkan internet banking, pastikan pendapatan bulanan kamu paling tidak sebesar Rp 3 juta. Meskipun Kredivo menetapkan pendapatan minimum, bukan berarti orang yang mendaftar harus kerja kantoran dan punya gaji bulanan.
 
Para entrepreneur atau pekerja lepas juga bisa mendaftar, asal penghasilan bulanan yang terekam pada rekening yang disambungkan memenuhi syarat minimal. Semakin tinggi penghasilan, semakin banyak pula peluangmu untuk mendapatkan limit besar.

Selain rekam penghasilan, cash flow yang sehat dan bebas dari utang juga tak kalah penting. Ketika kamu menyambungkan internet banking dan terdeteksi bahwa pengeluaranmu lebih besar dari penghasilan, maka peluang diterimanya pengajuan pinjaman dana-mu bisa mengecil.***

Bagikan: