Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 19.8 ° C

Cara Jitu Berbelanja Baju Lebaran Secara Online

Okky Ardiansyah
BELANJA online/THE FINANCIAL EXPRESS
BELANJA online/THE FINANCIAL EXPRESS

BERBELANJA pakaian di marketplace online tergolong menggiurkan. Diskon plus gratis ongkos kirim menjadi daya tarik. Apalagi menjelang Lebaran, sejumlah pelaku bisnis e-commerce berlomba-lomba menawarkan profit besar untuk pembeli.

Oleh karena itu, kegiatan jual-beli online akan terus meningkat sampai Lebaran tiba. Selain itu, kemudahan dan kelengkapan yang ditawarkan membuat jagat e-commerce semakin eksis sebagai tempat terbaik berbelanja pakaian.

Meski demikian, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum Anda membeli pakaian Lebaran di tempat perbelanjaan online.

Lihat kredibilitas dan rekam jejak

Kredibilitas tempat perbenlanjaan online dapat dilihat dari seberapa lengkap fitur yang dapat diakses. Contohnya fitur pemesanan, pembayaran, atau pengangan aduan apabila barang yang datang tak sesuai dengan apa yang dijanjikan.

Dengan fitur tersebut, Anda akan lebih mudah berbelanja. Biasanya, tempat perbelanjaan yang memiliki reputasi apik menyediakan jenis pakaian yang beragam dan komplet mulai dari baju muslim sampai pakaian kasual.

Ilustrasi/CANVA

Selain itu, Anda mesti membaca ulasan-ulasan yang diberikan konsumen sebelumnya. Tak ada salahnya mencari informasi soal rekam jejak kegiatan jual-beli sebelum memutuskan membeli di tempat perbelanjaan tersebut.

Pilih penjual yang punya rating bagus

Dalam suatu tempat perbelanjaan online, ada banyak penjual menjual pakaian yang Anda inginkan. Persoalannya, tak semua penjual mempunyai reputasi baik. Maka, Anda mesti melihat penilaian yang diberikan konsumen sebelumnya.

Kasus yang sering terjadi adalah foto yang dipampang penjual berbeda dengan produk aslinnya. Biasanya, kualitas maupun bahan berbeda dengan apa yang ditulis penjual di kolom caption foto. Oleh karena itu, salah satu cara untuk terhindar dari kasus itu yaitu melihat reputasi penjual.

Teliti dan bandingkan harga

Anda tak boleh terburu-buru saat melihat pakaian idaman dijual dengan harga murah. Perlu juga melihat biaya ongkos pengiriman. Contohnya, Anda membeli pakaian di penjual A dengan harga lebih murah Rp 20.000 dari penjual B. Namun, ongkos kirim penjual A lebih mahal Rp 30.000 dari penjual B.

Harapan Anda untuk memangkas pengeluaran gagal apabila tak teliti dalam membandingkan harga.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bonus yang ditawarkan penjual. Bisa saja, harga lebih mahal sedikit, tetapi Anda mendapatkan profit yang menggiurkan.

Waspadai penjual yang menjual pakaian super murah

Jika ada penjual menjual pakaian dengan harga jauh lebih murah dari yang lain, Anda mesti waspada. Anda mencari pakaian idaman dengan harga terjankau, tetapi kalau harga yang dipatok jauh lebih murah disbanding harga pasaran, Anda bisa saja tertipu dan mendapatkan kualitas barang yang buruk.

Periksa kembali deskripsi pakaian yang telah dipesan

Sebelum mengakhiri transaksi, tak ada salahnya memeriksa kembali barang-barang yang telah dipesan berserta total harganya. Anda disarankan kembali membaca deskripsi pakaian yang telah dipesan berikut estimasi pengirimannya.

Hal tersebut penting dilakukan agar tak kerepotan saat barang telah tiba dan tak kecewa dengan pakaian yang telah dibeli.***

Bagikan: