Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.2 ° C

Kebutuhan Uang Masyarakat Selama Ramadan Rp 3,9 Triliun

Eviyanti

ILUSTRASI logo Bank Indonesia.*
ILUSTRASI logo Bank Indonesia.*

PURWOKERTO, (PR).- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto memproyeksikan kebutuhan uang masyarakat selama bulan Ramadan hingga Lebaran sekitar Rp 3,9 triliun. Proyeksi tersebut  meningkat dari realisasi penukaran pada Lebaran 2018  yang sebesar Rp3,39 triliun

Kepala KPw BI Purwokerto Agus Chusaini mengatakan, proyeksi kebutuhan  uang tahun ini ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Kebutuhan uang masyarakat  sebesar Rp 3,9 triliun. Terdiri atas proyeksi penarikan oleh perbankan sebesar Rp 3,82 triliun, proyeksi penukaran sebesar Rp 35,35 miliar, dan proyeksi kas keliling sebesar Rp 37,9 miliar.

"Kalau realisasi penukaran pada Lebaran 2018 sebesar Rp 3,39 triliun tahun ini ada peningkatan," kata Agus Jumat 10 Mei 2019.

Untuk penukaran uang layak edar KPw Purwokerto  dan perbankan telah memperluas jangkauan layanan penukaran pada  Ramadan hingga Lebaran.

"Kami sejak awal telah meminta seluruh jaringan kantor perbankan di wilayah kerja Purwokerto yang Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara untuk meningkatkan layanan penukaran uang layak edar kepada masyarakat," ujarnya.

Penukaran uang layak edar pada masyarakat baik nasabah maupun nonnasabah dilayani oleh seluruh jaringan kantor perbankan utamanya kantor cabang bank umum dan kantor pusat bank perkreditan rakyat (BPR) baik konvensional maupun syariah di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

"Layanan penukaran uang menjelang Idulfitri tetap diselenggarakan oleh seluruh kantor jaringan bank dan tidak dipusatkan hanya di satu tempat saja," katanya.

Dia mengatakan kegiatan penukaran uang di KPw BI Purwokerto dilakukan setiap hari kerja pada pukul 08.00-11.00 WIB, sedangkan penukaran di perbankan mengikuti kebijakan masing-masing bank.***

Bagikan: