Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Langit umumnya cerah, 22 ° C

Bulog Banyumas Siapkan 5.000 Paket Daging Murah

Eviyanti
FOTO ilustrasi pedagang daging./*DOK. PR
FOTO ilustrasi pedagang daging./*DOK. PR

PURWOKERTO, (PR).- Bulog Subdivisi Regional Banyumas Jawa Tengah  menyiapkan stok daging impor  sebanyak 5.000 paket, melalui operasi pasar (OP).  Bulog setempat juga menggelar OP bawang putih. Daging dan bawang putih merupakan dua komponen yang sudah mulai mengalami kenaikan.

Selain daging impor, Bulog juga siap menggelontorkan daging segar kerja sama dengan rumah pemotongan hewan (RPH) di wilayah Banyumas Raya meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga.    

"Kemarin kita punya stok 5.000 paket daging impor setara dengan 5 ton daging beku impor  untuk OP. Perhari bisa terserap 200 - 300. Pihaknya dalam waktu dekat akan mendatangkan kembali sebanyak 3.000 paket daging,"kata Kepala Bulog Subdivre Banyumas, Sony Supriyadi Kamis 9 Mei 2019.

OP digelar di pasar tradisional Rumah Pangan Kita (RPK) dan pasar murah, satu paket daging harganya terjangkau Rp 80 ribu per kg. Bulog juga menyediakan daging segar dari RPH setempat. "Beberapa hari lalu, Bulog bersama  dengan Pemkab Purbalingga mengadakan pasar murah dan pembagian sembako gratis,  Pemkab  setempat meminta daging segar untuk paket sembako gratis," jelas.

Diakui stok daging Bulog cukup besar, OP dgelar untuk menekan flutuasi harga daging saat ini ada kenaikan dari Rp 110 ribu per kg menjadi Rp 130 ribu per kg. 

Bulog juga menggelar OP  pasar bawang putih kating, sebanyak 1 ton. Dalam operasi pasar ini, bawang putih kating dijual Rp 50 ribu per kg. Jauh lebih murah dibandingkan harga bawang putih kating yang dijual di pasaran yang mencapai Rp 70 ribu hingga Rp 0 ribu per kg.

"OP untuk menekan harga bawang  putih, Bulog Banyumas menyiapkan 1 ton bawang putih jenis kating. Bawang putih tersebut bakal dijual kepada masyarakat dengan harga Rp 50 ribu per kg ke pasaran," jelasnya.

Bawang putih sebanyak 1 ton berasal dari Divre Yogyakarta Dengan menggelontor bawang putih tersebut, diharapkan bakal menekan harga di pasaran.

"Nantinya, kami juga akan OP melalui pasar murah yang dadakan oleh Pemkab masing-masing, kami juga menggelar pasar murah di Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap," katanya.

Menurutnya, selain bawang putih, sejumlah kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah antara lain beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng dan daging kerbau. "Masing-masing kebutuhan pokok tersebut, harganya di bawah harga pasaran," jelas Sony.***

Bagikan: