Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian cerah, 28 ° C

Petani Bawang Cimenyan Sedang Untung, Berharap Harga Stabil

Kodar Solihat

PENGIRIMAN bawang merah dari Kelompok Tani Tricipta untuk Toko Tani Indonesia, Senin 22 April 2019.*/DOK KELOMPOK TANI TRICIPTA
PENGIRIMAN bawang merah dari Kelompok Tani Tricipta untuk Toko Tani Indonesia, Senin 22 April 2019.*/DOK KELOMPOK TANI TRICIPTA

BANDUNG, (PR).- Pasokan bawang merah lokal untuk mengisi kebutuhan munggahan dan selama Ramadhan 1440H/2019 mulai mengalir dari Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Pengiriman bawang merah tersebut dilakukan untuk ke sejumlah tempat penjualan dengan harga yang terkendali.

Ketua Kelompok Tani Tricipta, Kecamatan Cimenyan, Ujang Margana, di Bandung, Senin 22 April 2019 mengatakan, dengan gambaran tersebut diharapkan para konsumen tak perlu khawatir pasokan bawang merah lokal. 

“Saat ini bulan April akhir dan Mei 2019 menjeleng puasa, kita di Cimenyan panen raya sampai 500 hektare produksi bawang merah,” katanya. 
  
Khusus dari Kelompok Tani Tricipta, dikatakan Ujang Margana, pula siap stabilisasi harga apabila dibutuhkan oleh pemerintah. Pada Minggu 21 April 2019, sebanyak 28 ton bawang merah sudah dikirimkan ke Toko Tani Indonesia Center, Bulog dan bazar maupun di Jakarta dan Bandung.  

Ia juga menyebutkan,  di Kelompok Tani Tricipta saja, ada luas pembudidayaan bawang merah seluas 100 hektare. “Jika per hektare produksi 10 ton saja sudah 1.000 ton, apalagi cuaca sekarang ini saya prediksi produktivitas mencapai 14 ton karena cuaca baik,” ujar Ujang Margana.

Disebutkan, pada saat ini para petani di Cimenyan yang panen bawang merah memang sedang untung, dengan kenaikan harga bawang merah sekarang. Namun kalangan petani juga berupaya untuk stabilisasi harga, “Yang penting petani untung, konsumen juga tidak kemahalan membeli bawang merah,” ucapnya.

Diketahui, sejak setahun terakhir, Kecamatan Cimenyan muncul menjadi sentra pembudidayaan bawang, baik bawang merah maupun bawang putih. Ini disebabkan, ada varietas-varietas bawang merah yang dapat dibudidayakan pada daerah ketinggian, sehingga lebih memudahkan pasokan komoditas tersebut ke pasar tradisional terdekat di Bandung.***

Bagikan: