Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya berawan, 21.9 ° C

Pemilu Diprediksi  Sumbang Pertumbuhan Ekonomi

Tia Dwitiani Komalasari
ILUSTRASI pencoblosan tps pemilu KPU pileg.*/DOK.PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI pencoblosan tps pemilu KPU pileg.*/DOK.PIKIRAN RAKYAT

YOGYAKARTA, (PR).- Pemilihan Umum diprediksi akan memberikan sumbangan pada pertumbuhan ekonomi sebesar 0,2-0,3 % pada tahun ini. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi bisa menembus 5,2 %

Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia, Ryan Kiryanto mengatakan prediksi 0,2-0,3 persen tersebut diambil berdasarkan‎ Pemilu 2009 dan 2014. Pertumbuhan ekonomi didapatkan dari maraknya aktivitas pertumbuhan ekonomi.

"Jadi pemilu ini bisa menjadi stimulus tambahan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi . Kalau baseline pertumbuhan ekonomi Inonesia sekarang itu 5 %, jika ditambah kegiatan politik maka bisa dapat 5,2 %,"ujar dia saat pelatihan wartawan Bank Indonesia, di Yogyakarta, Sabtu 23 Maret 2019.

Meskipun demikian, Ryan mengingatkan bahwa pemerintah perlu memperhatikan berbagai aspek dalam mengejar pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan menggenjot pertumbuhan sektor domestik.

"Populasi besar penduduk Indonesia itu sangat potensial digarap pasar domestik produsen. Pemerintah harus menjaga agar konsumsi domestik tidak jatuh,"ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, kebijakan moneter yang dikeluarkan Bank Indonesia pun harus akomodatif.

Menurut Ryan, kebijakan BI yang mempertahankan suku bunga dinilai sudah moderat.

Dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di atas 5% dimulai dari triwulan II. "Untuk kuartal I prosentase belanjanya masih terbatas,"ujar dia.

Deputi Kebijakan Ekonomi dan Moneter, Wira Kusuma, mengatakan pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan akan mengandalkan permintaan konsumsi dan investasi. Sebab perlambatan ekonomi global akan menyebabkan penurunan permintaan. ***

Bagikan: