Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Umumnya cerah, 30.3 ° C

Jaga Kualitas Layanan, Aep Terharu Dapat Umrah Gratis

Asep Budiman
AEP Syaepudin (31), salah seorang dari 200 mitra pengemudi Grab yang mendapatkan kesempatan hadiah umrah gratis.*/GRAB
AEP Syaepudin (31), salah seorang dari 200 mitra pengemudi Grab yang mendapatkan kesempatan hadiah umrah gratis.*/GRAB

SIAPA yang tak mau mendapat umrah gratis. Apalagi, berangkat umrah atau haji adalah impian kaum Muslimin karena bisa beribadah di tanah suci, sekaligus berziarah ke makam Rasulullah.

Namun, Aep Syaepudin (31), salah seorang dari 200 mitra pengemudi Grab yang mendapatkan kesempatan hadiah umrah gratis, justru sempat mengabaikan kabar baik tersebut. Dia mengaku pertama kali menerima kabar tersebut melalui panggilan telefon seluler sehingga dianggapnya hanya orang iseng.

"Ketika dikabari pertama kali, senang dan bingung juga. Awalnya,saya mengabaikan telefon karena takut dari orang iseng dan minta disiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Saya santai saja," ujar Aep saat ditemui di kantor Grab, Pasirkaliki, Kota Bandung, baru-baru ini.

Saat menerima telefon kedua kalinya, Aep mengaku baru percaya lantaran disuruh mendatangi kantor Grab Bandung. Ternyata, Aep adalah salah seorang dari 4 pengemudi asal Bandung dan salah satu dari 10 pengemudi dari Jawa Barat yang beruntung diberangkatkan umrah gratis dari Grab sebagai rangkaian program #ImpianUmrahItuDekat, periode pertama.

Setelah mendapat konfirmasi bahwa dirinya mendapat umrah gratis, Aep sangat terharu dengan kabar baik tersebut. Dia pun mempersiapkan semua persyaratan keberangkatan, sedangkan pengurusan dan biayanya sepenuhnya ditanggung oleh pihak Grab.

AEP Syaepudin (31), salah seorang dari 200 mitra pengemudi Grab yang mendapatkan kesempatan hadiah umrah gratis.*/GRAB

Selain pengurusan paspor ditangani Grab, fasilitas lain yang diperolehnya adalah uang saku. Selebihnya, dia tinggal membawa diri saja sambil memantapkan iman dan takwa dalam menjalankan ibadah selama di tanah suci.

Aep bersama 59 pengemudi Grab lainnya adalah pemenang program #ImpianUmrahItuDekat periode pertama yang berlangsung pada 27 Januari-5 Februari 2019. Ada pun periode kedua pada 27 Maret-5 April 2019, kemudian periode ketiga pada akhir April yang bertepatan dengan bulan Ramadan.

Dia menghabiskan waktu beribadah di Mekah dan Madinah selama tujuh hari. Ini merupakan pengalaman paling berkesan sepanjang hidupnya hingga air matadan sujud syukur ia selalu panjatkan saat berada di tanah suci.

"Pas datang ke Madinah, rasanya seperti mimpi. Ga bisa nahan nangis, teringat semua dosa, apalagi pas lihat Kabah," ucapnya.

Dia bersyukur semua runtutan ibadah di tanah suci berjalan lancar, termasuk bisa mencium hajar aswad meski di tengah massa yang berdesak-desakan. Aep sangat menikmati masa-masa beribadah dan saat berada di tanah suci ia merasa beban hidup di Indonesia benar-benar hilang dan hanya ingin fokus untuk beribadah.

AEP Syaepudin (31), salah seorang dari 200 mitra pengemudi Grab yang mendapatkan kesempatan hadiah umrah gratis.*/GRAB

"Pikiran tentang masalah dan utang hilang. Hati jadi sejuk dan fokus ke ibadah. Cuma inget anak dan istri enggak bisa ikut," ujar suami dari Meida Rosita (29) yang sudah memiliki sepasang putra dan putri berusia 7 tahun dan 3 tahun.

Selain merasakan kenikmatan beribadah umrah, Aep pun mengaku merasakan keseruan karena bisa bertemu rekan seprofesi dari daerah lain. Dia pun bangga menjadi bagian dari Grab.

Saat berziarah di tanah suci di sela-sela menyelesaikan rukun umrah, dia dan 59 rekan lainnya mengenakan jaket Grab. Ketika bertemu dengan rombongan lain, Aep dan rekan-rekannya mendapat pujian dan acungan jempol karena Grab bisa mengumrahkan pengemudinya dengan jumlah rombongan yang cukup besar.

"Hebat ya Grab dapat mengumrahkan para mitra pengemudinya," kata Aep menirukan pernyataan rombongan umrah lain yang ditemuinya.

Dia tak menyangka impiannya selama bertahun-tahun dapat terwujud secepat ini. Bagaimana tidak? Aep baru bergabung dengan Grab sekitar awal tahun 2017,baru dua tahun lalu. Semula, menjadi pengemudi Grab Bike hanyalah sampingan untuk mencari uang tambahan. Namun ternyata ketika Aep fokus bekerja sebagai mitra Grab, hasilnya ternyata lebih besar daripada gaji pekerjaan utamanya.

AEP Syaepudin (31), salah seorang dari 200 mitra pengemudi Grab yang mendapatkan kesempatan hadiah umrah gratis.*/GRAB

"Akhirnya, saya ngobrol dengan istri bahwa akan fokus nge-Grab saja karena penghasilannya lebih besar dari kerja. Alhamdulillah istri mengizinkan, yang penting bagi istri dapur ngebul," ucapnya.

Hanya butuh waktu enam bulan saja bagi Aep untuk memantapkan hati menjadi pengemudi ojek Grab secara penuh. Setiap hari Aep mengaspal kurang lebih 12 jam per hari berkeliling Bandung.

"Kerja jam 6 pagi sampai jam 12 malam, maksimal target 30-40 penumpang. Kalau hari ini pulang jam 12 malam, besoknya mulai siang sampai jam 7 malam," ucapnya.

Dalam bekerja, Aep mengaku enggak pernah pilih-pilih orderan. Paling banyak, dia menerima order mengantar penumpang, kemudian GrabFood pada jam tertentu dan Grab Express.

"Order yang dikasih Grab diambil aja, sayang kalau pilih-pilih. Itu membantu mencapai target," kata Aep.

Untuk menjaga tubuh tetap fit selama mengemudi seharian, Aep menjaganya dengan makan yang cukup dan minum yang banyak. Menurut dia, yang terpenting perut jangan sampai kosong dan tidak lupa minum biar enggak hilang konsentrasi.

Menurut Aep, bergabung dengan Grab itu ibarat hijrah. Dia semakin menghargai uang kecil dan semakin rajin beribadah, terutama salat lima waktu. Walaupun saat di jalanan, dia hanya bisa menyempatkan waktu untuk salat di SPBU.

Sepulangnya ke tanah air, Aep kian termotivasi untuk mencari uang lebih giat dan lebih rajin beribadah. Kedepan, dia bercita-cita mengajak istrinya pergi umrah. Selain itu, dia juga bercita-cita untuk mendapat motor gratis dari Grab.

Aep juga dikenal sebagai mitra Grab dengan sebutan Satria Malam karena ia kerap mengambil order di malam hari, tanpa pilih-pilih. Untuk mengejar target hadiah motor, selain mengambil semua orderan,Aep juga aktif menawarkan fitur-fitur Grab lainnya, seperti top-up OVO dan GrabNow.

Kini, Aep menjadi inspirasi bagi pengemudi Grab lainnya bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Dia mengajak rekan-rekan pengemudi Grab lain yang juga ingin mendapat hadiah umrah gratis agar bekerja dengan ikhlas dan tidak pilih-pilih orderan.

"Kerja jangan pilih-pilih orderan, ikhlas saja, jaga performa dan berikan servis bagus kepelanggan," pungkasnya.

Program #ImpianUmrahItuDekat merupakan bagian dari inisiatif “Grab Mitra Sejahtera” yang diciptakan untuk menjaga dan meningkatkan kejehateraan mitra pengemudi Grab Bike. Berbagai fasilitas dan program disediakan bagi mitra pengemudi Grab Bike, termasuk fasilitas kredit ringan untuk kepemilikan rumah dan kendaraan bermotor, kerjasama dengan bank bjb untuk integrasi program cicilan pajak kendaraan bermotor STNK ‘T-Samsat’ yang pertama untuk mitra pengemudi online di Jawa Barat, serta kerja sama untuk memberikan harga khusus paket internet dan ponsel cerdas bagi mitra pengemudi.

Kedepannya Aep berharap agar Grab semakin bermanfaat untuk memberikan kesejahteraan bagi para mitra pengemudi Grab. “Semoga Grab semakin maju dan program-program kesejahterannya semakin keren untuk memotivasi para mitra pengemudi untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” tutup Aep.***

Bagikan: