Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 22 ° C

BNI Dorong Startup Ikut Percepat Pembangunan Ekonomi 

Satrio Widianto
ILUSTRASI fintech.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI fintech.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI mendorong pelaku startup (usaha rintisan) dan fintech menjadi lebih besar dan mapan. Upaya ini untuk menjawab tantangan di era industri 4.0 yang serbadigital termasuk dalam bidang perbankan.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi berharap startup dapat tumbuh dan berkembang sehingga bisa ikut serta membangun perekonomian Indonesia ke depan. "Di era saat ini, BNI juga tertantang menjadi penyedia layanan digital banking bagi nasabah dan masyarakat," ujarnya saat acara BNI Corporate Day 2019 di BNI DigiCafe, Menara BNI, Pejompongan, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.

Dalam acara tersebut juga dikenalkan pemanfaatan teknologi Application Programming Interface (API) Management BNI. Aplikasi ini akan membuat proses interkoneksi antara layanan BNI dengan ekosistem digital menjadi lebih cepat, mudah dan aman, seperti kepada ekosistem startup, fintech, marketplace, dan smart city.

Pada kesempatan yang sama, BNI bersama Plug and Play Indonesia (PNP) menghadirkan 20 startup dan fintech terbaik, yaitu ATM Sehat, Bandingin, BFarm, Bizhare, Coinhako, DanaDidik, Emvazo, Evete, Indogold, Lacak.io, Logicnesia, Madhang, Magpie, Pay OK, Piniship, Policypal, Rara Delivery, Redkendi, Truescore Datanest, dan Vymo. Startup tersebut mencakup berbagai jenis industri, seperti layanan pembayaran, crypto currency, remittance, waralaba, logistik, pertanian, asuransi, sales analytics, kesehatan, kosmetika, dan kuliner.

Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan startup dan fintech  termasuk bertransaksi melalui pembayaran channel digital BNI antara lain TapCash, kartu debit, kartu kredit. "Kerja sama BNI bersama PNP diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung bisnis perusahaan maupun sebagai pendorong inovasi bagi segenap pegawai," kata Dadang.***

Bagikan: