Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Umumnya berawan, 27.7 ° C

Waktu Pembelian Tiket KA Lokal Diperpanjang

Yulistyne Kasumaningrum
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Di tengah semakin meningkatnya minat masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung memperpanjang waktu pembelian tiket KA Lokal di wilayahnya. Peningkatan pelayanan tersebut berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access.

Manager Humas KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan sebelumnya pembelian tiket melalui aplikasi hanya bisa dilalukan 3 jam sebelum jadwal keberangkatam KA. Namun, kini pembelian bisa dilakukan sejak pukul 00.00 pada hari keberangkatan hingga sesaat sebelum jadwal keberangkatan.

Walau demikian, Joni menuturkan, untuk sementara waktu tiket KA Lokal yang telah dipesan belum dapat dibatalkan atau diubah jadwal keberangkatannya. 

"Langkah ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan untuk dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujarnya di Bandung, Kamis, 7 Januari 2019.

Joni menambahkan, sejak Oktober 2018 KAI telah meluncurkan fitur pembelian KA Lokal via KAI Access untuk KA Lokal Bandung Raya (Padalarang-Cicalengka pp) dan KA Cibatuan (Purwakarta-Cibatu pp). Adapun minat masyarakat terhadap layanan tersebut sangat baik.

Hal tersebut tampak dari tingginya jumlah penumpang yang melakukan pembelian melalui KAI Access. Dipaparkan sampai dengan Januari 2019 sebanyak 45.334 penumpang telah melakukan pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access. 

"Penggunaan KAI Access ini terus meningkat di mana rata-rata pertumbuhannya mencapai 217% per bulan," ujarnya.

Lebih lanjut Joni mengatakan pihaknya akan terus melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat agar KAI Access menjadi pilihan utama dalam pemesanan tiket KA lokal di Daop 2 Bandung. Alasannya, tak sedikit keuntungan yang bisa didapat ketika melakukan pemesanan tiket KA termasuk KA lokal. 

"Selain kemudahan akses dan waktu, untuk melakukan proses boarding pun, calon penumpang cukup menunjukkan e-tiket (bukti transaksi) aplikasi KAI Access di ponsel pintar yang dimiliki," ujarnya.***

Bagikan: