Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Berawan, 22.5 ° C

Pinjam Uang Online Ditolak Terus? Di Sini Letak Kesalahannya

Ari Nursanti
Ilustrasi.*/KREDIVO
Ilustrasi.*/KREDIVO

LAYANAN pinjam online memang memudahkan siapapun yang membutuhkan dana tambahan untuk kebutuhannya. Proses pengajuannya yang serba gampang, persyaratannya yang tak serumit bank konvensional, membuat banyak orang beralih ke sana.

Tapi, meskipun memberi sejumlah kemudahan, bukan berarti setiap pengajuan bisa disetujui begitu saja. Lembaga pinjam uang online yang benar-benar aman seharusnya memiliki sejumlah faktor dalam menilai kelayakan calon nasabah. Mereka tak akan menyetujui pengajuan kredit orang-orang yang tak memenuhi persyaratan atau dianggap tak layak karena sejumlah hal.

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang pengajuan kreditnya pernah ditolak oleh lembaga pinjaman online. Jika demikian, artinya ada yang salah dalam pengajuanmu. Di mana letak kesalahannya? Yuk, ketahui bersama-sama.

Tidak memenuhi persyaratan

Setiap lembaga pinjaman pasti memiliki persyaratan yang harus dipenuhi calon nasabahnya. Baik dari segi usia, penghasilan, maupun domisili. Misalnya pinjaman online Kredivo yang memiliki persyaratan berikut:

  1. Berusia minimal 18 tahun
  2. Berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Pulau Bali,  Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi

Setiap lembaga kredit online tentu memiliki syarat yang berbeda. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa kamu bisa memenuhi persyaratannya. Atau sebaliknya, pengajuanmu malah akan terus ditolak.

Dokumen tidak lengkap atau tidak terbaca

Seluruh proses pendaftaran pinjaman berbasis teknologi akan dilakukan secara online. Biasanya kamu akan diminta untuk mengunggah dokumen berupa bukti alamat (KK & STNK), bukti penghasilan (rekening koran & slip gaji) yang telah difoto. Proses seleksi dokumen ini adalah hal yang harus diperhatikan. Sebab, lembaga pinjam online akan menyeleksi dokumen calon nasabah dengan teliti.

Untuk meminimalisasi risiko dokumen tidak terbaca, maka kamu bisa memilih layanan pinjam online yang menyederhanakan proses pendaftaram, seperti Kredivo yang memberikan opsi pendaftaran dengan cukup menyambungkan akun digital (akun e-commerce dan internet banking), sehingga kamu tak perlu memfoto dokumen-dokumen pendukung.

Jumlah pinjaman terlalu besar

Mengenai jumlah pinjaman, biasanya lembaga kredit akan memberikan batas limit maksimal. Di Kredivo, limit yang diberikan mencapai Rp 30 juta. Tapi tentu saja, jumlah pinjaman yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Semakin besar penghasilan, semakin seimbang pengeluaran, dan semakin baik riwayat kreditmu, maka peluang untuk mendapatkan limit besar pun terbuka lebar.

Riwayat kredit buruk

Riwayat kredit juga tak akan luput dari pengecekan. Apabila sebelumnya kamu pernah berutang di lembaga kredit lain, baik konvensional maupun online, dan memiliki utang yang tertunggak, maka siap-siap dinilai buruk oleh calon peminjam. Riwayat kredit tak hanya menentukan diterima atau ditolaknya pengajuanmu, melainkan juga menentukan jumlah limit yang akan diterima nantinya.

Kredivo, layanan pinjaman online terpecaya dengan bunga rendah dan limit besar

Kredivo merupakan layanan pinjam online yang memberikan limit kredit mencapai Rp30.000.000, yang bisa digunakan untuk belanja di 200+ e-commerce rekanan Kredivo, dan dicairkan dalam bentuk dana tunai. Transaksi di Kredivo terjamin keamanannya, karena Kredivo telah terdaftar di OJK dan menggunakan sistem enkripsi yang melindungi seluruh data nasabah.

Dalam menilai kelayakan nasabah, Kredivo yang membangun teknologi penilaian kredit sendiri, yang mampu menghasilkan skor kredit seseorang berdasarkan jejak digital pengguna yang diproses dengan teknologi machine learning. Jejak digital tersebut bisa mencerminkan bagaimana aktivitas keuanganmu sehari-hari atau setiap bulannya.***

Bagikan: