Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sedikit awan, 25.5 ° C

4 Konsol Gim Lawas yang Ikonik

Tim Pikiran Rakyat
KONSOL Gim.*/DOK.SHOPEE
KONSOL Gim.*/DOK.SHOPEE

DI abad ke 21 ini, tentu konsol gim atau yang lebih sering disebut sebagai gaming consoles sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang dimiliki oleh berbagai kalangan. Mulai dari era game yang jauh lebih simple seperti Space Invaders, Pinball, dan Pacman, bahkan konsol gim sudah digandrungi oleh begitu banyak orang. Hingga sekarang kita sampai di zaman di mana baik aneka konsol dan gim asik nan canggih bertebaran di beragam platform. Namun, kali ini kita akan membahas tentang 4 konsol gim yang memang sudah cukup berumur, tapi bisa dibilang konsol-konsol gim ini ikonik terutama untuk beberapa golongan.

Playstation 2

Playstation 2.*/DOK. SHOPEE

Siapa yang tidak tahu konsol satu ini yang memiliki bodi tebal dan lebar? Setidaknya kamu pasti pernah memainkan, memegang, atau melihat langsung konsol satu ini. Ya, bagaimana tidak, pada awal tahun 2013 silam, jumlah unit Playstation 2 atau kerap disebut sebagai PS 2 sudah mencapai angka 158 juta unit! Tapi, tidak hanya dari sisi sales, PS 2 dikenal sebagai konsol di mana para pemain dapat memainkan begitu banyak game legendaris seperti Grand Theft Auto: San Andreas, Shadow of The Colossus, God of War 2, Kingdom Hearts, dan masih banyak lagi. Namun, satu hal yang berhasil membuat konsol ini menjadi sangat ikonik pada tahun 2000-an awal adalah improvement dari sisi grafis, audio, dan gameplay yang cukup ekstrim dari pendahulunya yaitu Playstation 1.

Nintendo Wii

NITENDO Wii.*/DOK. SHOPEE

Walau konsol yang satu ini belum bisa dibilang sebagai gaming console yang cukup berumur jika dibandingkan dengan konsol-konsol lainnya, tapi Nintendo Wii sudah berhasil memberikan impact yang besar di dunia gaming. Dirilis oleh Nintendo pada tahun 2006, Nintendo Wii terkesan telah merombak dunia gaming modern dengan konsep motion gaming dan social network gaming. Kedua kontroler dari konsol ini juga jauh berbeda dari kontroler milik gaming consoles lainnya di masa itu, ditambah lagi konsep motion control yang diintegrasikan dengan aneka permainan Wii juga membuat pengalaman gaming makin asik. Bahkan, karena penjualan Nintendo Wii begitu sukses, jumlah suplai konsol ini tidak cukup untuk memenuhi permintaan pasar!

Nintendo Entertainment System

NITENDO Entertainment System.*/DOK. SHOPEE

Kemungkinan besar kamu tahu gim Super Mario Bros betul? Tapi apakah kamu tahu konsol gim yang berhasil mempopulerkan game legendaris tersebut? Ya, konsol milik Nintendo ini bisa dibilang merupakan salah satu konsol gim lawas yang paling ikonik sampai masa kini. Dirilis pada tahun 1983 di mana konsep home console masih cukup asing, Nintendo Entertainment System yang lebih populer disebut sebagai NES berhasil membuat gebrakan. Walau konsep gim pada masa itu jauh lebih simpel jika dibandingkan gim pada masa kini, keseruan dan orisinalitas pengalaman gaming yang ditawarkan mereka tidak kalah tinggi. Angka penjualan konsol ini pun cukup mencengangkan. Menurut beberapa sumber, telah ada lebih dari 61 juta unit NES yang terjual selama ini. Saking ikoniknya, setelah lebih dari 30 tahun dirilis, Nintendo kembali merilis NES Classic Edition yang sebenarnya merupakan versi mini dari NES generasi pertama.

Sega Genesis

SEGA Genesis.*/DOK.SHOPEE

Kalau Nintendo dikenal dengan gim Super Mario Bros-nya, Sega memiliki gim Sonic The Hedgehog yang tidak kalah ikoniknya. Konsol yang dirilis pada tahun 1989 ini memang tidak mampu menggeser tahta Nintendo di industri gaming console pada masa itu, tapi beragam gim yang dapat dimainkan di konsol ini cukup membekas di sejarah dunia game. Nah, hebatnya lagi, pada masa itu Sega masih merupakan perusahaan yang kecil jika dibandingkan dengan Nintendo, tapi konsol Sega Genesis berhasil menyaingi konsol andalan Nintendo masa itu yaitu SNES. Bahkan, sampai sekarang masih ada begitu banyak orang, terutama para gaming enthusiast yang berdebat soal manakah konsol gaming yang lebih baik, SNES atau Sega Genesis. Tetapi, satu hal yang pasti adalah konsol Sega Genesis merupakan gaming console yang selalu akan diingat orang.

Nah, itulah beberapa konsol gaming lawas yang cukup ikonik. Kira-kira apakah kamu tertarik untuk membeli salah satu gaming consoles tersebut? Jika iya, kamu bisa langsung ke Shopee saja! Karena di Shopee kamu bisa mendapatkan beragam konsol gim terbaik di harga yang pastinya terjangkau!***

Bagikan: