Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Sebagian cerah, 20.8 ° C

Soal Harga Tiket Pesawat, Luhut Minta Maskapai Efisien

Tia Dwitiani Komalasari
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan/ANTARA FOTO
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan/ANTARA FOTO

JAKARTA, (PR).- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan meminta agar maskapai penerbangan  lebih efisien sehingga dapat ‎menekan biaya produksi. Hal itu dilakukan untuk mencegah harga tiket pesawat yang tinggi. 

Dia mengatakan, ‎pemerintah memiliki instrumen batas atas dan bawah tarif penerbangan. Instrumen ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga kepentingan publik.

Meskipun demikian, Luhut mengatakan, pemerintah juga tetap memperhitungkan biaya operasional maskapai.‎ "Pemerintah tidak akan membuat regulasi yang membuat bangkrut perusahaan, tapi perusahaan itu harus efisien.kalau gak ada regulasi, ga diatur, ya bubar kita semua,"ujar dia di Jakarta, Senin 14 Januari 2019.

Dia mengatakan, keputusan turunnya harga tiket pesawat terbang dilakukan untuk kepentingan publik. Pemerintah menghimbau para maskapai bisa merasionalkan harga tiket sehingga bisa dijangkau masyarakat.

Sebelumnya Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) sepakat menurunkan harga tiket pesawat yang melambung. ‎Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam INACA menurunkan tarif tiket penerbangan mulai Jumat 11 Januari 2019.

Didorong keprihatinan harga tiket pesawat

Penurunan tarif tersebut dimulai dari beberapa rute seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, dan Bandung-Denpasar. Selanjutnya penurunan tarif akan diberlakukan pada rute lain.

Ketua Umum INACA, Ari Askhara, mengatakan kebijakan penurunan harga tiket tersebut diambil menyusul keprihatinan masyrakat atas tingginya harga tiket. Selain itu, pemangku kepentingan seperti Angkasa Pura, Airnav Indonesia, dan Pertamina menunjukan komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan serta navigasi.

"Kami berkomitmen menurunkan harga tiket. Sejak pekan lalu, khususnya Jumat, sudah menurunkan tarif tiket domestik," ujar dia. ***

Bagikan: