Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Berawan, 20.6 ° C

Ada Petisi dari Warga, Maskapai Kompak Turunkan Tarif Penerbangan

Satrio Widianto
PESAWAT Garuda Indonesia mendatar di Bandara Kertajati.* /TATI PURNAWATI/KP
PESAWAT Garuda Indonesia mendatar di Bandara Kertajati.* /TATI PURNAWATI/KP

JAKARTA, (PR).- Seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) menurunkan tarif tiket penerbangan sejak Jumat 11 Januari 2019. Penurunan tarif itu dilakukan pada beberapa rute penerbangan seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogjakarta, Jakarta-Surabaya, dan Bandung-Denpasar. Penurunan tarif akan diberlakukan juga pada rute penerbangan domestik lainnya dalam waktu dekat.

Kebijakan penurunan tiket penerbangan itu diambil menyusul banyaknya keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket. Juga karena adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para stakeholder seperti Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, AirNav Indonesia, dan Pertamina. Sebelum kebijakan penurunan tarif ini, masyarakat sempat membuat petisi kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melalui www.change.org.

Kebijakan itu disampaikan Ketua Umum INACA Ari Askhara dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu 13 Januari 2019. Hadir  Sekjen INACA Tengku Burhanuddin, Direktur Niaga Garuda Indonesia Fikri Ilham Kurniansyah, Dirut Lion Air Rudy Lumingkewas, Dirut Sriwijaya Joseph Adriaan Saul, Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo, Direktur Niaga Air Asia Rifai Taberi, Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi, Dirut Angkasa Pura II Mohammad Awaluddin, Dirut Airnav Indonesia Novie Riyanto.

"Di tengah kesulitan para maskapai, kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan kami memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional, serta keberlangsungan industri penerbangan nasional tetap terjaga," jelas Ari Askhara yang juga Dirut Garuda Indonesia.

Ari Askhara menambahkan, seluruh anggota INACA, serta seluruh jajaran terkait pemangku kepentingan layanan penerbangan nasional seperti pengelola bandara, badan navigasi, hingga pemangku kepentingan lainnya telah melaksanakan pembahasan intensif terkait penurunan struktur biaya pendukung layanan bandar udara dan navigasi. Hal itu agar dapat selaras dengan mekanisme pasar industri penerbangan dan daya beli masyarakat. 

Melalui penyesuaian struktur biaya layanan penerbangan tersebut, khususnya pada aspek biaya pendukung layanan kebandarudaraan dan biaya navigasi, maskapai dapat melakukan penyesuaian cost structure operasional layanan penerbangan sehingga dapat menurunkan tarif tiket penerbangan. 

Lebih lanjut, disebutkan, melalui penurunan tarif tiket penerbangan tersebut, INACA berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas. Selain itu, diharapkan komitmen bersama ini dapat meningkatkan sektor perekonomian nasional mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan infrastruktur perekonomian. 

INACA memastikan penurunan tarif tiket penerbangan tersebut sesuai dengan koridor regulasi dan aturan tata kelola industri penerbangan nasional dan tetap mengutamakan keselamatan penerbangan dengan tetap meningkatkan pengawasan atas safety dan maintenance seluruh pesawat. Intinya dengan penurunan tarif ini seluruh maskapai akan tetap dan terus meningkatkan safety penumpang. 

"Penurunan yang dilakukan ini bukti kepedulian kami terhadap kebutuhan masyarakat atas accessibility transportasi udara, di tengah kesulitan maskapai nasional yang sudah cukup lama terjadi," tutur Ari.***

Bagikan: