Pikiran Rakyat
USD Jual 14.403,00 Beli 14.103,00 | Umumnya berawan, 21.8 ° C

Naik Kereta Bandung-Jakarta? Ini 4 Rekomendasi Pilihan KA Terfavorit!

Tim Pikiran Rakyat
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

SAMPAI saat ini, mobilitas masyarakat dari Bandung ke Jakarta masih sangat tinggi. Kereta api tetap menjadi alat transportasi terbaik untuk melayani kebutuhan tersebut. Dengan kereta api, orang-orang dari Bandung bisa mencapai Jakarta dalam waktu 3 jam - 3.5 jam, tanpa terjebak kemacetan.

Selain efektivitas waktu, alasan utama orang mengandalkan kereta untuk menempuh perjalanan rute Bandung Jakarta tentu karena pemandangan sepanjang perjalanan yang sangat menarik, mulai dari panorama perbukitan hijau, jembatan, hingga sungai. Selain itu, Keseruan naik kereta Bandung Jakarta juga dapat Anda temukan dari stasiunnya. Untuk rute ini, salah satu stasiun utamanya adalah Stasiun Hall Bandung. Stasiun tersebut sampai sekarang masih tampil klasik dengan nuansa arsitektur kolonial. Meski bernuansa tempo dulu, stasiun pusat Kota Kembang ini adalah yang pertama di Indonesia yang menerapkan fasilitas canggih ala bandara.

Tak hanya sampai di situ, kenyamanan naik kereta api untuk rute populer ini juga dihadirkan oleh armada kereta itu sendiri. Adapun info pilihan kereta Bandung Jakarta terbaiknya adalah sebagai berikut:

1. KA Argo Parahyangan

Argo Parahyangan melayani rute kereta eksekutif dan ekonomi Bandung Jakarta. Kereta ini menjadi armada termewah untuk rute tersebut karena dilengkapi dengan fasilitas kursi yang nyaman dan toilet yang bersih, serta gerbong ber-AC. Kereta ini menempuh jarak sekitar 166 kilometer sekali jalan, dalam durasi kurang lebih tiga jam. Setiap harinya, kereta ini melayani 15 keberangkatan dari Stasiun Hall Bandung menuju Stasiun Gambir Jakarta. Tarif layanannya berkisar Rp100.000 - Rp150.000 per orang.

Untuk melayani okupansi yang tinggi setiap hari, KA Argo Parahyangan juga menyediakan kereta tambahan yang berangkat sebanyak tujuh kali sehari. Tarif tiketnya berkisar Rp100.000 - Rp140.000 per orang.

2. KA Argo Parahyangan Priority

Sejak Maret 2018, KA Argo Parahyangan menghadirkan kelas prioritas (priority) menggunakan armada kereta wisata. Sesuai dengan namanya, kereta premium ini memastikan para penumpang dapat menikmati prioritas lebih, baik dari segi fasilitas maupun privasi.

Satu gerbong kereta hanya memuat 28 penumpang sekali jalan. Dengan estimasi tarif Rp290.000 per kursi, penumpang dapat menikmati perjalanan dengan fasilitas mewah seperti wi-fi gratis, video on demand, bagasi besar, toilet dalam gerbong, hingga layanan kopi dan camilan. Kereta ini hadir dengan total delapan keberangkatan setiap harinya.

3. KA Pangandaran

Kereta api satu ini merupakan layanan terbaru dari perusahaan kereta api Tanah Air yang resmi beroperasi sejak 2 Januari 2019. KA Pangandaran melayani relasi Stasiun Hall Bandung - Stasiun Gambir Jakarta sebanyak satu kali per hari, dengan durasi perjalanan kurang lebih 3,5 jam sekali jalan.

Satu rangkaian kereta api Pangandaran berkapasitas 520 penumpang. Karena merupakan layanan baru, tentunya KA Pangandaran menampilkan suasana gerbong dan fasilitas yang masih segar, rapi, dan menarik. Tarif tiket KA Pangandaran tersedia mulai dari Rp100.000 - Rp150.000 per penumpang, khusus kelas ekonomi dan bisnis.

4. KA Serayu

KA Serayu sebenarnya merupakan kereta api kelas ekonomi untuk rute Purwokerto - Jakarta. Dalam operasional hariannya, KA Serayu juga melayani rute kereta ekonomi Bandung Jakarta, melalui relasi Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cimahi - Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen.

Untuk rute kereta Bandung Jakarta, KA Serayu menyediakan jadwal keberangkatan sebanyak empat kali sehari, khusus perjalanan siang dan tengah malam. Durasi perjalanan KA Serayu dari Bandung ke Jakarta kurang lebih 3 - 3,5 jam, dengan tarif Rp63.000 per penumpang.

Masing-masing kereta rute Bandung Jakarta di atas menawarkan fasilitas terbaiknya. Pilihlah kereta yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Sejauh ini, KA Argo Parahyangan masih menjadi andalan masyarakat untuk rute antarkota besar tersebut.

Saat ini, pembelian tiket kereta Bandung Jakarta sudah semakin mudah dilakukan. Sebagai rekomendasi, Anda dapat membeli tiket kereta Bandung Jakarta melalui OTA terpercaya. Umumnya, OTA di atau online travel agent seringkali menawarkan fitur-fitur serta promo tambahan yang memudahkan masyarakat membeli tiket kereta dengan lebih cepat, aman, dan murah. Salah satu hal yang hanya tersedia di OTA, misalnya, fitur Kereta Lanjutan sebagai alternatif solusi saat calon penumpang kehabisan tiket kereta utama atau langsung seperti rute Bandung Jakarta.***

Bagikan: