Pikiran Rakyat
USD Jual 14.373,00 Beli 14.073,00 | Sedikit awan, 22 ° C

5 Peluang Bisnis yang Diprediksi Bakal Jadi Tren di 2019

Tim Pikiran Rakyat

ENGGAK melulu soal modal uang dalam jumlah besar, membangun bisnis juga bisa dimulai cuma dengan modal aplikasi smartphone yang bisa berikan pinjaman tunai online.

Buat kamu yang selama ini terkendala modal, jangan berkecil hati. Sebab kini banyak layanan pinjaman tunai online yang menawarkan pinjaman dana dengan  bunga rendah dan proses cepat. Namun sebelum membahas hal itu, yuk kita lihat dulu peluang bisnis yang janjikan keuntungan besar di tahun depan. Siapa tahu, bisa jadi salah satu ide dan peluang bagi kamu yang punya rencana mulai bisnis sampingan.

Bisnis Kopi Susu

Satu gelas plastik kopi susu dingin yang resepnya double shot espresso, gula aren cair, susu cair segar, plus es batu, dan dijual mulai kisaran harga Rp15ribu, adalah jenis bisnis yang popularitasnya mulai kelihatan di tahun 2018 ini. Enggak cuma soal rasa kopi susu yang enak dan beda dari biasanya, jenis bisnis ini juga menciptakan tren baru di kalangan anak muda soal minum kopi yang praktis, simpel, namun tetap terjangkau kantong. Ada yang bisnisnya dijalankan dalam bentuk kafe atau kedai mini, ada juga yang berupa car-coffee atau coffee-truck dengan konsep coffee to go terutama di area perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Bisnis Clothing Line

Mulai dari kaos, kemeja, dan aksesoris lainnya, bisnis clothing line lokal juga mulai banyak bermunculan baru-baru ini. Ada yang skalanya besar seperti distro-distro ada juga yang skalanya menengah dengan mengandalkan media sosial seperti Instagram atau situs sendiri untuk pemasarannya. Banyak juga bisnis clothing line yang muncul sebagai “jawaban” dari keresahan segelintir orang yang mungkin bosan dengan tipe baju atau kaos yang gitu-gitu aja. Clothing line jenis ini biasanya datang dengan aneka desain pakaian yang unik dan enggak jarang out of the box, plus ada jasa custom design. Jadi, pelanggan bisa meminta atau mengirim desain yang diinginkan untuk dicetak jadi kaos atau kemeja satuan.

Bisnis Jajanan 90-an

Telur gulung adalah jenis jajanan yang populer di tahun 90-an, tapi sekarang mulai dijual lagi dan gampang ditemukan di sekolah-sekolah atau pinggir jalan. Efek viral di media sosial dan banyaknya permintaan pasar, terutama mereka yang kangen sama jajanan 90-an, bikin telur gulung dan makanan ringan lainnya yang cuma ada di tahun 90-an bak bangkit dari kubur! Beberapa online shop yang ada di Instagram, misalnya, bahkan khusus menjual aneka snack legendaris 90-an mulai dari lidi-lidian, mie gemez, permen karet yosan, coklat payung, coklat koin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis Percetakan

Berbeda dengan tiga bisnis lainnya, bisnis percetakan sebenarnya bukan merupakan jenis bisnis baru, melainkan jenis bisnis yang sifatnya sudah established. Tapi, di tahun 2019 yang sarat dengan aktivitas politik jelang pilpres, bisnis percetakan cenderung bakal naik popularitasnya. Mulai dari banner, flyer, kaos, baliho, pamflet, kebutuhannya akan cukup tinggi sehingga  bisnis percetakan akan banyak dicari orang di tahun 2019 mendatang.

Bisnis Jasa Desain Situs

Enggak cukup hanya mengandalkan media sosial seperti Instagram atau Facebook, sebagian besar orang yang menjalankan bisnis online juga memilih untuk membuat situs sendiri untuk bisnisnya. Untuk bisnis clothing line misalnya, situs yang menampilkan desain, model, dan lookbook, bisa menjadi kelebihan sekaligus nilai jual yang tinggi dalam pemasaran produk. Permasalahannya adalah membuat situs enggak hanya soal beli domain dan hosting, melainkan juga dibutuhkan tampilan dan desain situs yang bisa jadi representasi pemilik atau bisnis yang dijalankan. Nah, di sinilah jasa pendesain situs akan dibutuhkan. Meski bisa dikatakan minim modal, tapi jenis bisnis ini butuh keahlian khusus.

Butuh Modal Bisnis? Kredivo Bisa Jadi Solusinya!

Buat kamu yang berencana memulai bisnis sampingan di tahun 2019, baik bisnis konvensional atau digital, Kredivo bisa jadi solusi untuk permodalannya. Sebagai akses kredit instan online, Kredivo bisa digunakan untuk kredit barang, ataupun pengajuan pinjaman tunai online. Misalnya, jenis bisnis yang mau kamu jalankan lebih butuh modal alat seperti laptop atau hp, maka, kamu bisa kredit hp tanpa kartu kredit dan tanpa dp dengan Kredivo di merchant-merchant seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Bhinneka, Shopee, dan JD.id. Sebaliknya, kalau jenis bisnisnya butuh modal uang tunai, maka kamu bisa ajukan pinjaman tunai di Kredivo dengan jumlah minimal mulai dari Rp 1,5 juta.

Gimana caranya untuk bisa menikmati fitur pinjaman tunai online Kredivo? Kamu harus lebih dulu terdaftar sebagai pengguna Cicilan Kredivo. Syaratnya adalah kamu harus berumur minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap per bulan Rp 3 juta, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, atau Medan. Daftar akun lewat aplikasi Kredivo yang bisa di-download di Google Play Store atau App Store. Tutorial pendaftarannya bisa kamu cek di situs resminya.

Untuk cicilan, Kredivo dapat memberikan limit kredit hingga Rp 20 juta. Limit kredit ini bisa digunakan untuk kredit barang lainnya di merchant online rekanan Kredivo atau bisa dicairkan menjadi pinjaman tunai online tanpa jaminan. Suku bunga yang dikenakan untuk cicilan barang ataupun pinjaman tunai adalah sebesar 2,95% dengan opsi tenor angsuran hingga 12 bulan. Khusus untuk pinjaman tunai, maksimal jumlah pinjaman yang bisa diajukan adalah sebesar limit kredit untuk tenor 6 bulan. Misalnya, limit kredit di akun Kredivo kamu untuk tenor 6 bulan berjumlah Rp 10 juta, maka, kamu bisa mengajukan pinjaman maksimal sejumlah Rp 10 juta untuk tempo 6 bulan.

Lumayan kan buat tambah-tambah modal bisnis? Yuk, daftar Kredivo sekarang!***

Bagikan: