Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Umumnya berawan, 27.9 ° C

Investasi dan Perdagangan Singapura-Jabar Dapat Meningkat

Yulistyne Kasumaningrum

BANDUNG, (PR).- Potensi kerjasama investasi dan perdagangan Singapura-Jawa Barat berpeluang meningkat signfikan. Hal tersebut menyusul dibukanya penerbangan langsung Singapura-Bandung oleh Garuda Indonesia  yang akan memperkuat jaringan konektivitas diantara keduanya. 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya yang ikut dalam penerbangan perdana tersebut yang sekaligus memimpin misi bisnis dari Singapura mengatakan kunjungan misi bisnis yang ia pimpin ini ditujukan untuk menjajagi peluang kerja sama bisnis di berbagai bidang. Langkah tersebut menindaklanjuti pembukaan penerbangan langsung Singapura-Bandung oleh Garuda Indonesia. Pasalnya, dengan adanya penerbangan langsung dan regular tersebut, aksesibilitas Bandung dan Jawa Barat semakin terbuka bagi pelaku usaha dan wisatawan Singapura. 

Ia memaparkan dari sisi investasi, total realisasi investasi Singapura di Jabar sampai dengan kuartal ketiga 2018 sebesar 1,064 miliar DOlar AS untuk 620 proyek. Untuk Bandung sendiri, total realisasi investasi Singapura bernilai 3,393 juta Dolar AS untuk 32 proyek. Secara keseluruhan, untuk periode Januari – September 2018, total realisasi nilai investasi Singapura di tanah air mencapai 6,7 miliar Dolar AS atau meningkat 10% dari periode yang sama tahun 2017, yakni 6,12 miliar Dolar AS.

Demikian pula dengan perdagangan yang potensinya masih dapat ditingkatkan. Total perdagangan Indonesia dengan Singapura periode Januari – September 2018 mencapai 25,4 miliar Dolar AS, yang mengalami peningkatan sebesar 18,2% dibanding periode yang sama tahun lalu atau sebesar 21,5 miliar Dolar AS. Sedangkan di sektor pariwisata, jumlah wisatawan asal Singapura ke Indonesia pada Januari – Juli 2018 mencapai 929.106 orang atau naik 9,6% dibanding periode yang sama tahun 2017.

“Jabar ini potensinya luar biasa, bisa dilihat dari nilai investasi asing dari Singapura yang masuk selama 10 bulan pertama pada 2018. Kepercayaan investor ke Jabar pun masih bagus. Hari ini ada 18 investor yang ikut penerbangan langsung dan hadir disini dimana animonya cukup besar baik dalam hal investasi maupun perdagangan du Jabar,” ujarnya. 

Sementara itu VP untuk kawasan Asia Garuda Indonesia, Wayan Subagia, menilai rute baru merupakan bagian dari komitmen Garuda dalam pilihan tujuan yang lebih luas di Indonesia dan memberdayakan Changi sebagai salah satu Airport hub yang memiliki 60 juta penumpang per tahunnya

"Hal-hal seperti ini adalah kongkrit dan merupakan manifestasi nyata Indonesia Incorporated, dimana Garuda Indonesia bekerjasama dengan KBRI Singapura untuk meningkatkan jumlah wisman sekaligus untuk meningkatkan potensi kerja sama perdagangan dan investasi" ujar Wayan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Sukarelawati Permanamengatakan laju pertumbuhan ekonomi Jabar pada triwulan III 2018 (5,58%, yoy) yang jauh lebih baik daripada laju pertumbuhan ekonomi nasional (5,17%, yoy). Selain itu, inflasi pada Oktober 2018  3,48% (yoy). Ke depannya, untuk keseluruhan tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Jabar diperkirakan meningkat, dikisaran 5,5% - 5,9% (yoy), sedangkan inflasi Jabar pada akhir tahun diperkirakan stabil dan terjaga dalam batas target inflasi 2018 yaitu 3,5±1%. 

 “Baiknya kondisi perekonomian Jawa Barat tersebut adalah salah satu alasan mengapa para investor Singapura semestinya semakin yakin untuk menanamkan modalnya di Jawa Barat” ujarnya.***

Bagikan: