Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Sebagian berawan, 20.9 ° C

Nasabah BRI Diwajibkan Ganti Kartu ATM

Satrio Widianto

JAKARTA, (PR).- Nasabah BRI pemegang kartu ATM dikejutkan dengan adanya SMS broadcast dari BRI yang meminta nasabahnya untuk mengganti kartu ATM-nya. Penggantian itu diduga kuat merupakan rangkaian dari upaya pengamanan nasabah BRI dari tindak kejahatan skimming ang terjadi beberapa waktu lalu.

"Yth, Nasabah BRI, demi keamanan trx, kartu ATM Anda akan dinonaktifkan. Segera ganti kartu Anda di Kantor Cabang BRI terdekat (Gratis), Info Contact BRI 14017." Demikian isi SMS tersebut.

Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto, yang dihubungi "PR", Sabtu 24 Maret 2018 memberikan tanggapan singkat tentang hal itu.

"Dalam rangka upaya preventif Bank BRI untuk mengamankan dana nasabah dan proses penggantian kartu bagi kartu nasabah yang diduga terindikasi skimming, kami memohon kesediaan para nasabah yang telah menerima pesan singkat (SMS) dari Bank BRI untuk segera ke kantor cabang Bank BRI terdekat untuk melakukan penggantian kartu tanpa dikenakan biaya apapun.," kata Bambang.

Menurut dia, notifikasi pemberitahuan terus dilakukan melalui SMS blast, layar ATM Bank BRI, serta akun media sosial Bank BRI. Sosialisasi juga dilakukan melalui pekerja BRI yang telah secara aktif memberitahukan kepada para nasabah sejak 2 hari yang lalu. Pada akhir pekan ini, unit kerja Bank BRI tetap buka untuk melayani kebutuhan penggantian kartu nasabah.

"Bank BRI terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik baik para nasabahnya. Info lebih lanjut, contact BRI di 14017," katanya.

Pengecekan ATM



Dari Blitar, petugas gabungan dari Kepolisian Resor Kota Blitar dan tim teknologi informasi BRI melakukan patroli pengecekan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) mengantisipasi terjadinya kejahatan, salah satunya skimming.

"Kami mengantisipasi adanya tindakan seperti di tempat lain dengan mengambil langkah awal pengecekan di ATM wilayah Blitar," kata Kepala Satuan Sabhara Polresta Blitar Wahono seperti dilaporkan Kantor Berita Antara di Blitar.

Ia mengatakan, pengecekan mesin ATM itu penting dilakukan demi mencegah terjadinya kejahatan pada nasabah seperti skimming. Polisi memastikan di ruangan ATM tidak ada benda mencurigakan.

Sementara itu, tim TI PT BRI Kantor Cabang Blitar Mohamad Samsul Ma'arif menambahkan, BRI rutin melakukan pengecekan ATM. Biasanya, yang dicek adalah kamera demi mencegah terjadinya skimming.

Biasanya, alat skimmer dipasang di lubang tempat kartu ATM dan tempat tombol nomor pin di ATM. Alat skimmer itu untuk menyalin nomor PIN nasabah. 

Ia juga meminta agar nasabah lebih waspada saat berada di mesin ATM. Nasabah bisa melakukan pengecekan di sekitar mesin ATM tersebut, memastikan ATM dalam kondisi tidak ada barang yang mencurigakan.

"Imbauan seluruh nasabah lebih waspada di mesin ATM. Bisa pengecekan, jika ada barang yang mencurigakan lapor ke bank terdekat atau polisi," kata Samsul.***

Bagikan: