Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 23.6 ° C

Pemulihan Konektivitas Pelanggan Satelit Telkom 1 Tuntas

Ai Rika Rachmawati

BANDUNG, (PR).- PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) sudah menuntaskan pemulihan konektivitas pelanggan Satelit Telkom 1. Dengan demikian, layanan jaringan ATM dan Non ATM pelanggan Satelit 1 sudah berangsur normal.

Demikian diungkapkan Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, melalui siaran pers yang diterima "PR", Senin 11 September 2017. Total jumlah pelanggan Satelit 1 mencapai 15.019, 11.574 sites layanan ATM dan 3.445 layanan Non ATM.

"Beberapa bank sudah menyatakan pulih dari dampak gangguan satelit. Mereka adalah Bank Mansiri, BCA, BNI, BTN, dan BRI," katanya.

Menurut dia, hasil koordinasi antara Telkom dengan Manajemen Bank BCA menyimpulkan bahwa sistem konektivitas untuk layanan ATM telah pulih secara keseluruhan. Namun, beberapa aspek operasional untuk mengembalikan fungsi sejumlah mesin ATM masih berlangsung untuk memastikan seluruh mesin ATM berfungsi normal seperti sediakala.

"Layanan ATM Bank Mandiri yang terdampak gangguan Satelit Telkom 1 sudah pulih 100 persen. Seluruh jaringan kerja, baik unit kerja maupun ATM BRI juga sudah sepenuhnya pulih. Ada 321 ATM dan 124 unit kerja BRI yang terkena dampak," katanya.

Jaringan ATM BNI, menurut dia, juta telah pulih 100 persen. Sebanyak 51 outlet telah berfungsi secara normal pada 3 September 2017 dan 1.151 ATM sudah normal per Minggu kemarin. Seluruh fasilitas layanan ATM BTN juga sudah kembali normal.

"Untuk mempercepat recovery sejumlah sites yang mengalami kendala pada saat proses repointing antena, 5 persen sites menggunakan jaringan fiber optik dan 14 persen sites menggunakan sistem Machine to Machine (M2M)," kata Alex.

Mekanisme pemulihan, menurut dia, dilaksanakan oleh para petugas di seluruh Indonesia berdasarkan target yang telah ditetapkan Crisis Center Nasional. Total ada 2.195 petugas yang bekerja 7x24 jam tanpa libur.

"Dengan adanya sistem pemulihan yang terstruktur ini, seluruh proses recovery terorganisir dengan baik dan terkawal ketat. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya petugas yang bekerja 7x24 jam,"katanya.***

Bagikan: