Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Berawan, 22 ° C

Pertumbuhan Pasar Farmasi Indonesia Tercepat di Asia

Asep Budiman
General Manager Quintiles lMS lndonesia, Wiwy Sasongko (tengah), menyebut industri farmasi Indonesia tercatat sebagai yang terbesar di ASEAN saat diskusi farmasi di Hotel Century Park, Jakarta, Kamis, 16 Maret 2017.*
General Manager Quintiles lMS lndonesia, Wiwy Sasongko (tengah), menyebut industri farmasi Indonesia tercatat sebagai yang terbesar di ASEAN saat diskusi farmasi di Hotel Century Park, Jakarta, Kamis, 16 Maret 2017.*
JAKARTA, (PR).- Pertumbuhan pasar farmasi Indonesia merupakan tercepat di Asia dengan pertumbuhan rata-rata 20,6% per tahun periode 2011-2016. Selain itu, kontribusi sektor farmasi sekitar 27% dari total pangsa pasar farmasi ASEAN.

General Manager PT UBM Pameran Niaga Indonesia, Ivan Ferrari, mengatakan, Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki lebih dari 6.000 pulau berpenghuni serta berpopulasi lebih dari 250 juta orang atau negara terpadat keempat di dunia. lndonesa juga merupakan salah satu pasar farmasi dengan pertumbuhan tercepat di Asia.

"Hal ini menunjukkan betapa besarnya potensi pasar untuk perusahaan farmasi di lndonesia," kata Ivan dalam konferensi pers menjelang pameran farmasi se-Asia Tenggara, di Hotel Century Park, Jakarta, Kamis, 16 Maret 2017.

Menurut dia, pameran farmasi Convention on Pharmaceutical Ingredients South East Asia 2017 pada 22-24 Maret 2017 mendatang merupakan platform tepat dan terpercaya untuk memperluas peluang membangun jejaring bagi pemain industri farmasi Iokal maupun multinasional. Dalam pameran itu, terdapat berbagai konferensi dan forum yang diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan industri farmasi di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Lebih lanjut, lvan Ferrari menambahkan, potensi pasar obat-obatan di lndonesia yang besar mendorong peningkatan investasi di sektor farmasi. Untuk itu, industri farmasi menjadi salah satu fokus utama pemerintah untuk investasi Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Dia menyebutkan, pasar farmasi Indonesia tumbuh rata-rata 20,6% tahun (laju pertumbuhan majemuk tahunan/CAGR) pada 2011-2016. Saat ini terdapat sekitar 239 perusahaan farmasi yang beroperasi di lndonesia.

"Sebagian besar industri farmasi terdapat di Jawa Barat (39%), Jawa Timur (20%), dan DKl Jakarta (15%)," tuturnya.***
Bagikan: