Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Sebagian cerah, 27.4 ° C

Peserta Amnesti Pajak Belum Capai 5 Persen

Asep Budiman
JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo berjanji akan terus mengejar wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya dan tidak mengikuti amnesti pajak. Dia mendapati belum ada 5% dari total wajib pajak yang mengikuti amnesti pajak di seluruh Indonesia.

"Kemarin saya buka-buka berapa sih yang sudah ikut tax amnesty di seluruh Indonesia, ternyata belum ada 5% dari seluruh wajib pajak kita. Jadi, masih ada 95% yang akan terus saya kejar-kejar terus. Ya tugas saya mengejar Saudara-saudara yang belum ikut amnesti agar semuanya menjadi clear dan bersih di bidang perpajakan kita," ucap Jokowi saat membuka Rakernas Real Estat Indonesia (REI) di Hotel Fairmont, Senayan Jakarta, Selasa, 29 November 2016.

Jokowi menilai, amnesti pajak pada periode I merupakan program paling sukses di dunia. Total dana tebusan periode pertama mencapai Rp 97,2 triliun dan dana repatriasi senilai Rp 137 triliun.

"Deklarasi harta yang mencapai Rp 3.433 triliun di periode I itu betul-betul angka yang besar sekali," ujarnya.

Dari dana yang terhimpun dari amnesti pajak periode pertama, Jokowi mengakui, banyak yang bisa ditempatkan di investasi, seperti sektor properti. Dia berharap pada periode kedua ini, amnesti pajak dimanfaatkan oleh seluruh pengusaha.

"Saya harapkan seluruh anggota REI yang lama ikut tax amnesty, silakan segera ikut mumpung masih tarifnya 3% kemarin," ujar Jokowi.***
Bagikan: