Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Cerah berawan, 27.2 ° C

Harga Cabai Masih Tinggi

Tachta Rizqi Yuandri
BANDUNG, (PR).- Harga cabai di pasar modern dan pasar tradisional masih relatif tinggi. Bahkan, di pasar modern, harga cabai merah mencapai Rp 94.650 per kg untuk jenis TW.

Adapun untuk cabai di pasar tradisional, harganya memang mengalami penurunan. Namun menurut para pedagang, harganya masih belum normal. Salah satu contohnya yakni cabai tanjung. Harga komoditas tersebut sempat mencapai Rp 80.000 per kg dan saat ini harganya Rp 60.000 per kg. Padahal, harga normalnya hanya sekitar Rp 40.000 per kg.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jabar, Hendri Hendarta mengatakan, tingginya harga sebagian komoditas cabai dan sayur dipengaruhi menurunnya jumlah pasokan dari petani. Turunnya pasokan disebabkan hujan yang menurunkan kualitas komoditas cabai dan sayuran.

Dengan demikian, sebagian komoditas dari petani mengalami busuk dan hanya sisanya yang bisa diperjualbelikan.

"Selain cabai, sejumlah komoditas lain pun ada yang mengalami kenaikan harga. Beberapa di antaranya yakni bayam hijau, bunga kol, brokoli, caisim, oyong, pakcoy, sawi putih, dan timun acar," katanya di Bandung, Senin 21 Maret 2016.

Pedagang di Pasar Kosambi, Irwan mengatakan, tingginya harga cabai sudah berlangsung lebih dari satu bulan. Pasokan ke pasar juga mengalami penurunan. Tingginya harga menurunkan minat konsumen untuk membeli komoditas tersebut.

"Tadi ada konsumen mau beli cabai merah TW sampai tidak jadi beli karena harganya masih mahal. Memang harganya sudah turun, tapi tetap tidak mau beli," katanya.***
Bagikan: