Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 31.8 ° C

Berlian "Blue Moon" Catat Rekor Penjualan Termahal

Dede Suhaya
BLUE Moon ditemukan pada Januari 2014 oleh Petra Diamonds, yang memiliki tambang Cullinan di Afrika Selatan.*
BLUE Moon ditemukan pada Januari 2014 oleh Petra Diamonds, yang memiliki tambang Cullinan di Afrika Selatan.*
JENEWA, (PRLM).- Sebuah berlian biru besar telah menjadi perhiasan paling mahal setelah terjual pada lelang seharga 32 juta poundsterling (Rp 658 miliar).

Batu permata senilai 12,03 karat, yang dijuluki The Blue Moon Diamond, dibeli setelah delapan menit penawaran tegang di Jenewa, dengan total 30 tawaran.

Ini mungkin menjadi grade tertinggi, Fancy Vivid Biru, setelah dinyatakan secara internal tanpa cela oleh Gemological Institute of America.

Kemarin, berlian ini dibeli oleh seorang kolektor Hong Kong yang sejak itu telah berganti nama menjadi berlian The Blue Moon of Josephine.

Blue Moon ditemukan pada Januari 2014 oleh Petra Diamonds, yang memiliki tambang Cullinan di Afrika Selatan.

Kemudian berlian kasar 29,62 karat itu dibeli oleh Cora Internasional dari New York yang menghabiskan enam bulan memotong dan memoles Blue Moon ini.

Lelang Sotheby, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (12/11/2015), mengatakan para ahli menghabiskan lima bulan untuk 'studi intensif' mengenai keaslian berlian Blue Moon, dan seorang master pemotong menghabiskan tiga bulan untuk memotong dan memoles batu ini.

Rona pada Blue Moon, menurut GIA Monograph, mungkin belum pernah terlihat berlian besar atau batu permata sebesar ini. (Dede Suhaya/A-147)***
Bagikan: