5 Hoaks Seputar Ma'ruf Amin, Muncul Klaim Pro LGBT hingga Dihipnotis Uya Kuya

- 24 Januari 2023, 13:28 WIB
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin. /Instagram/@kyai_marufamin.

PIKIRAN RAKYAT - Nama Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin sempat dicatut dalam berita-berita yang terbukti adalah hoaks. Tidak sedikit infromasi yang menyesatkan terkait Wapres Ma'ruf Amin.

Di antaranya Ma'ruf Amin diklaim minta masyarakat bantu pemerintah karena kas negara sudah menipis hingga pro LGBT.

Agar tidak termakan infromasi yang salah, berikut Pikiran-Rakyat.com rangkum 5 hoaks seputar Ma'ruf Amin lengkap dengan faktanya.

Baca Juga: 5 Hoaks Seputar Mi Instan, Makan Campur Cokelat Bisa Meninggal hingga Awet karena Lilin

1. Hoaks Ma'ruf Amin Minta Masyarakat Bantu Iuran Kas Negara

Akun Facebook bernama Sultan menunggah gambar tangkapan layar artikel berita dengan judul, "Ma'ruf Amin kas negara menipis minta tolong rakyat bantu Pemerintah negara kesusahan".

Namun, berdasarkan penelusuran tim cek fakta Turn Back Hoax, faktanya tidak ditemukan bukti bahwa informasi ini benar. Klaim tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar. Hoaks ini pernah muncul pada Agustus 2022 dengan model hoaks yang sama.

Lalu dengan penelusuran dengan menggunakan Google Search Image, foto Maruf Amin yang ada di dalam tangkapan layar artikel tersebut mirip dengan foto yang ada di dalam sebuah artikel periksa fakta dari media Pikiran-Rakyat.com yang berjudul "Maruf Amin Mengundurkan Diri Jokowi Tunjuk Prabowo Subianto jadi Wapres. Begini Faktanya".

Baca Juga: 5 Hoaks Seputar Kanker, Tempe hingga Menahan Tangis Diklaim Jadi Pemicu

2. Hoaks Uya Kuya Hipnotis Ma'ruf Amin

Tersiar sebuah unggahan foto yang menampilkan Uya Kuya sedang menghipnotis Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke grup Makar community dengan narasi sebagai berikut:

"Pak Ma’ruf amin beliau bekerja dari balik layar layaknya Uchiha Itachi dalam Serial Naruto, Beliau adalah Wakil Presiden sekaligus Ulama yang di cintai dan di hormati rakyat sayangnya tidak terlihat di publik saja…… Bismillah Kursi DPR"

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x