5 Hoaks Seputar Mi Instan, Makan Campur Cokelat Bisa Meninggal hingga Awet karena Lilin

- 24 Januari 2023, 11:44 WIB
Ilustrasi memasak mi instan
Ilustrasi memasak mi instan /Pixabay/JK Lee

PIKIRAN RAKYAT - Pria asal Bogor sempat menggegerkan publik setelah divonis tidak bisa menikmati mi instan seumur hidup. Dia disebut bisa menghabiskan setengah kardus mi instan dalam sepekan.

Pria itu pun mengalami radang kerongkongan hingga muntah darah. Itulah sebabnya tidak tidak bisa makan lagi mi instan sampai dia meninggal dunia nanti.

Mi instan bisa disebut sebagai makanan favorit sebagian orang karena mudah dibuat. Namun, ada juga beberapa hoaks yang menyebut mi instan mengandung lilin sehingga dapat menyebabkan kanker. Apa saja? Berikut Pikiran-Rakyat.com rangkum 5 hoaks tentang mi instan dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Hoaks Seputar Kanker, Tempe hingga Menahan Tangis Diklaim Jadi Pemicu

1. Hoaks Mi Instan Campur Cokelat Bisa Meninggal

Ada kabar yang menyebut bahwa makan mi instan dibarengi dengan cokelat bisa menyebabkan kematian. Orang disebut akan mengalami keracunan karena cokelat memicu reaksi kimia yang dapat mengubah arsenik pentoxide pada mi menjadi arsenik trioxide.

Namun, fakta menjawab bahwa hal itu tidak benar. Ahli Gizi Leona Victoria Djajadi, MND, mengatakan semua produk mi instan yang dijual bebas sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: 3 Hoaks Seputar Najwa Shihab, Klaim Pria Banting TV hingga Bongkar Rahasia Yessy Kirana Yudha

2. Hoaks Mi Instan Bisa Bikin Orang Kena Tumor Payudara

Twitter sempah dihebohkan oleh pengakuan cuitan seseorang yang mengaku terkena tumor payudara karena mengonsumsi mi instan. Perempuan pemilik akun mengaku sudah berkonsultasi dengan dokter dan disebutkan bahwa tumor yang diidapnya karena sering makan mi instan.

Namun, fakta menyebut bahwa rutin makan mi instan atau junk food tidak ada kaitannya dengan tumor payudara.

Baca Juga: 2 Hoaks Kasus Perselingkuhan Ibu Mertua dan Menantu, Ada Klaim Ibu Norma Risma Hamil 3 Bulan

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x