5 Hoaks Seputar Kasus Ferdy Sambo, Hukuman Mati hingga Eksekusi Tengah Malam

- 22 Januari 2023, 09:58 WIB
Ferdy Sambo terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J.
Ferdy Sambo terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J. /Antara/Galih Pradipta

PIKIRAN RAKYAT - Kasus pembunuhan Brigadir Yosua Nofriansyah Hutabarat menyeret nama mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo hingga istrinya, Putri Candrawathi masih dalam proses persidangan.

Di tengah kasus ini bergulir, sederet narasi hoaks bermunculan terkait sosok Ferdy Sambo yang disebut sebagai otak pembunuhan Brigadir J.

Berikut Pikiran-Rakyat.com rangkum 5 hoaks seputar kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Maruf, dan Bharada E.

Baca Juga: Tuntutan Bharada E Jauh Lebih Ringan dari Ferdy Sambo, Kata Kejagung

1. Hoaks Ferdy Sambo Ngamuk di Ruang Sidang

Tersiar rekaman video yang menampilkan suasana sidang yang ricuh sampai orang-orang yang hadir di sana saling tendang. Kericuhan tersebut diklaim bahwa Ferdy Sambo mengamuk setelah mendengar pernyataan Kuat Maruf di persidangan.

"Ibu Yg M1nta DiPU4SK4N N4fsunya PAK T3P4T D3p4n H4k1m Ku4t Meng4takan, Sambo NG4MVK T4k T3rima," demikian narasi yang diunggah oleh salah satu akun Facebook pada 20 Januari 2023.

Namun, berdasarkan penelusuran tim cek fakta Turn Back Hoax, menjelaskan bahwa faktanya video tersebut bukan kericuhan di persidangan kasus pembunuhan Brigadir J, melainkan kericuhan di sidang paripurna di Aula Gedung DPRD Buru Maluku.

Baca Juga: Kejagung Minta Masyarakat Hormati Tuntutan JPU pada Ferdy Sambo Cs

Peristiwa ini dilatar belakangi adanya interupsi dari salah satu anggota dewan yang ditolak oleh ketua dewan saat rapat paripurna Berlangsung.

Tidak ditemukan video Ferdi Sambo mengamuk di ruang sidang. Narasi ini masuk kategori konten menyesatkan.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x