3 Hoaks Seputar Prabowo Subianto, Mundur dari Capres hingga Gantikan Jokowi

- 21 Januari 2023, 14:17 WIB
Jokowi berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri pameran industri pertahanan Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu 2 November 2022.
Jokowi berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri pameran industri pertahanan Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu 2 November 2022. /Antara/M. Risyal Hidayat

PIKIRAN RAKYAT - Sekaliber Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tidak membuatnya lantas tidak menjadi sasaran berita hoaks. Apalagi, menjelang Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024, narasi-narasi tentang sosok pemimpin Partai Gerindra itu tidak luput dari sasaran hoaks.

Berikut Pikiran-Rakyat.com rangkum tiga hoaks yang mencatut nama Prabowo Subianto dari berbagai sumber.

1. Hoaks Prabowo Gantikan Jokowi sebagai Presiden

Baca Juga: Sudah 'Akur' atau Tanda Pamit? Sandiaga Uno Temui Prabowo Subianto di Tengah Isu Hengkang ke PPP

Beredar di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Menhan Prabowo menggantikan kursi presiden dari Joko Widodo. Narasi tersebut diunggah oleh akun Doye gaming creator pada 18 Juli 2021.

Dalam unggahan tersebut, terdapat rekaman video yang memperlihatkan Jokowi sedang berpidato, serta ada potongan gambar Prabowo yang melakukan hal yang sama.

"Saya akan meneruskan langkah-langkah yang teoritis, jadi begini ya saya baru beberapa jam serah terima. Saya akan pelajari semua masalah, kita mencari solusi yang terbaik," kata Prabowo dalam video tersebut.

Baca Juga: Unggah Foto Bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Prabowo Didoakan Jadi Presiden

Akun Facebook Doye gaming creator mengaitkan video tersebut dengan pengunduran diri Jokowi dari kursi presiden dan akan digantikan oleh Prabowo.

"Cuplikan berita terkini benar jokowi akan lengser di gantikan oleh prabowon dan wakil president anies?

Tonton sampai selesai,,," kata akun Facebook Doye gaming creator.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x