Cek Fakta: Viral Beredar Uang Baru Pecahan Rp1 Juta di Media Sosial, Simak Faktanya

- 14 Mei 2022, 16:42 WIB
Cek fakta viral beredar uang baru pecahan Rp1 juta. Simak faktanya.
Cek fakta viral beredar uang baru pecahan Rp1 juta. Simak faktanya. /Instagram @jabarsaberhoaks

PIKIRAN RAKYAT – Beredar video di media sosial yang mengklaim bahwa ada uang baru pecahan Rp1 juta.

Video berdurasi 11 detik tersebut memperlihatkan uang kertas berwarna putih dan biru, dengan gambar wanita yang sedang menari.

Dilansir dari Instagram @jabarsaberhoaks, dalam video tersebut menjelaskan bahwa uang itu merupakan uang baru pecahan Rp1 juta.

“Indonesia selembar Rp1 juta. Yang gajinya per bulan Rp3 juta, cuma dapat tiga lembar. Uang baru Rp1 juta per satu lembar,” kata video tersebut.

Baca Juga: Dijemput Paksa KPK, Wali Kota Ambon Ketahuan Jalan-Jalan di Mall Walau Mengaku Sakit

Akan tetapi, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menjelaskan bahwa, sesuai dengan UU No. 7 th. 2011 tentang Mata Uang, pihaknya menegaskan bahwa BI merupakan satu-satunya lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah yang sah di Indonesia.

Marlison mengatakan bahwa, Bank Indonesia tidak pernah mengeluarkan dan mengedarkan uang uang specimen Perum Peruri seperti pada video yang tengah viral tersebut.

Lanjutnya ia mengatakan, gambar uang dalam video tersebut merupakan uang dalam rangka uji cetak di Perum Peruri, sehingga hanya untuk kepentingan internal Peruri saja.

Sebagai informasi, Perum Peruri merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang percetakan uang dan dokumen menjelaskan.

Halaman:

Editor: Puput Akad Ningtyas Pratiwi

Sumber: Instagram @jabarsaberhoaks

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network