Sabtu, 30 Mei 2020

Beredar Narasi Gubernur DKI Jakarta Minta Dana ke Dubes Tiongkok di Medsos, Cek Faktanya

- 22 Mei 2020, 05:30 WIB
ILUSTRASI berita bohong, kabar bohong, hoaks.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Beredar unggahan foto yang menampakkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tengah bertemu Duta Besar (Dubes) Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian untuk meminta dana sumbangkan karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mulai tidak stabil. 

Berikut narasi lengkap yang ditambahkan dalam unggahan foto itu:

"Ciek.. Ciek ada antek china baru niee lagi minta sumbangan katanya APBD DKI lagi sekarat ayoo buly dong jgn diam aja ..gue yakin kadrun bakalan ngomong hoak..editan...bla..bla," demikian bunyi narasi yang beredar dalam media sosial itu.

Baca Juga: Siti Fadilah: Saya Ini 4 Bulan Selesai, High Risk Corona, Kok Tidak Dirumahkan?

Adapun narasi itu diunggah seorang pengguna Facebook Neng Ciputpada Senin 18 Mei 2020. Sontak saja, unggahan itu ramai mendapat tanggapan dari netizen yang terdiri dari 114 emotikon, 153 komentar, dan 10 kali dibagikan.

Berdasarkan penelusuran dari situs resmi Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, terdapat fakta yang berbeda dengan klaim yang disebutkan dalam narasi itu.

Secara pasti, faktanya menyebutkan pertemuan itu terjadi pada Jumat, 5 April 2019, dalam rangka saling bertukar pendapat mengenai hubungan kedua negara dan kerjasama kota bersaudara.

Baca Juga: Cetar Ramadhan 1441 H Edisi 29: 3 Kunci Nikmatnya Membaca Alquran

Diketahui saat itu, Duta Besar Xiao berkomitmen dengan tegas untuk bersedia mendorong kerjasama yang mendatangkan keuntungan bersama.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X