Senin, 1 Juni 2020

Cek Fakta: Beredar Video Menara 5G Italia Dibakar karena Dituduh Sebabkan Virus Corona

- 18 Mei 2020, 19:35 WIB
ILUSTRASI tower.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Beredar sebuah video yang diunggah di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa tiang jaringan 5G di Italia telah dibakar karena menjadi penyebab munculnya virus corona. 

Video tersebut berdurasi dua menit tiga detik yang menunjukkan ada objek terbakar di sebelah dua bendera dan sebuah bangunan dan kini telah dibagikan lebih dari 8.000 kali. 

Terlihat dalam video petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api tersebut dan terdengar suara pria yang merekam yang melaporkan dalam bahasa Italia.

Baca Juga: Opsi Terakhir PPDB dari Pemerintah: Tahun Ajaran Baru Dimulai 2021

Perekam mengklaim bahwa video tersebut menunjukkan menara 5G yang dibakar oleh orang Italia karena marah. Kejadian tersebut disebutkan terjadi di La Spezia sebuah kota pelabuhan di Italia barat laut, pada bulan April 2020.

Bukan hanya di Italia, klaim tersebut juga tersebar di Jerman dan Polandia. Beberapa dari unggahannya juga menyatakan kebakaran itu terkait dengan klaim bahwa 5G telah menyebabkan pandemi corona.

Berdasarkan laporan dari situs AFP, video yang beredar di Facebook itu adalah hoaks atau tidak benar. 

Baca Juga: Auto2000 Beri Layanan Gratis Untuk Periksa 50 Bagian Penting Mobil Toyota

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-bekasi.com dengan judul "Cek Fakta: Menara 5G di Italia Dikabarkan Dibakar karena Sebabkan Virus Corona, Simak Faktanya"

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X