Minggu, 31 Mei 2020

Cek Fakta: Beredar Narasi Pernyataan WHO Sebut Vegetarian Tak Dapat Terpapar Virus Corona

- 17 Mei 2020, 14:19 WIB
SAYUR-sayuran.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Beredar informasi berisi pernyataan organisasi kesehatan dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa seorang vegetarian tidak akan dapat terpapar virus corona, karena minyak hewani merupakan sumber hidup virus tersebut.

Semua Pengamal Sayuran, Vegetarians tidak kena Covid19, sebab minyak binatang ada lah sumber hidup Viruses ni mengikut sumber United Nation-World Health Organization,” demikian bunyi narasi yang diunggah pengguna media sosial tersebut.

Pada faktanya, isu tersebut sudah tersebar di India dan sudah dibantah oleh representatif WHO di India, Supriya Bezbaruah. Ia dengan tegas membantah bahwa organisasi kesehatan dunia tersebut mengeluarkan pernyataan tersebut. 

Baca Juga: Daftar Diskon Menu Buka Puasa Ramadhan 1441 H di Kota Bekasi, Off 50 Persen untuk Makanan Cepat Saji

Berdasarkan hasil penelusuran dari situs Turn Back Hoax, diketahui secara jelas bahwa klaim tersebut tidak benar. 

Kemudian, Dr. R.V. Asokan, Sekretaris Jenderal Indian Medical Association juga membantah bahwa vegetarian aman dari COVID-19.

Menurut Asokan, sama sekali tidak benar klaim klaim itu. Terlebih, Tidak ada bukti medis bahwa makanan non-vegetarian berhubungan dengan kematian yang disebabkan oleh COVID-19.

Baca Juga: Dikritik Deddy Corbuzier Ucapannya Tak Sinkron, Suami Indira Kalistha Buka Suara Soal Konten McD

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-cirebon.com dengan judul "Cek Fakta: Benarkah Menjadi Seorang Vegetarian Dijamin Aman dari Covid-19? Berikut Faktanya"

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X