Senin, 1 Juni 2020

Cek Fakta: Tersiar Kabar Sitkom Bajaj Bajuri Sudah Prediksi Adanya Virus Corona Sejak 17 Tahun Lalu

- 17 Mei 2020, 14:19 WIB
TANGKAPAN layar cuplikan episode 205 sitkom Bajaj Bajuri.* /

PIKIRAN RAKYAT - Situs Turn Back Hoax memberikan penjelasan serta fakta-fakta yang telah terkumpul terkait informasi yang menyebutkan bahwa sinetron komedi (sitkom) Bajaj Bajuri sudah memprediksi adanya virus corona sejak 17 tahun lalu. 

Dalam video lengkapnya yang diunggah akun Youtube Bang Rose, pada episode tersebut menceritakan Ucup yang memiliki gejala yang sama dengan pasien yang mengidap virus SARS. 

Namun, setelah melakukan penelusuran, ternyata informasi tentang virus corona sudah diprediksi sejak 17 tahun lalu di sitkom Bajaj Bajuri adalah hoaks dan termasuk kategori konten yang dimanipulasi.

Baca Juga: Ajak Masyarat Bersatu Lawan Corona, MPR Gelar Konser Virtual Berbagi Kasih Bersama Bimbo di TVRI

Ternyata potongan video tersebut merupakan video sitkom Bajaj Bajuri pada episode 205 yang berjudul "Katakan Saja Ogah Berpuasa". Dalam episode tersebut terlihat Said (Fanny Fadillah) dan Oneng (Rieke Diah Pitaloka) tengah membahas virus SARS yang pada tahun 2002 tengah melanda Tiongkok.

Dalam video tersebut Ucup menjadi pasien yang harus menjalani karantina, namun Ucup menolak hal tersebut.

Selain itu, dalam video tersebut juga memperlihatkan jika Emak (Nanny Wijaya) pun terkena gejala yang sama setelah melakukan kontak langsung dengan Ucup.

Baca Juga: Untuk Meringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19, Pegadaian Luncurkan Gadai Peduli

Kabar yang sudah beredar luas di media sosial pertama kali disebarluaskan oleh akun bernama Dana Raditya @pleasedpeople dengan narasi "We've been warned 17 years ago".

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X