Senin, 1 Juni 2020

Cek Fakta: Simak Penjelasan Terkait Isu Jalan Tol Cisumdawu yang Beredar di Facebook

- 11 Mei 2020, 19:08 WIB
ILUSTRASI berita bohong, kabar bohong, hoaks.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Beredae sebuah unggahan akun Facebook Harisman Andek yang memberikan pendapat bersifat subjektif dan sinis yang mengarah pada kelompok tertentu mengenai sebuah foto yang diklaim adalah Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). 

Berikut isi narasi lengkap yang diunggah akun Facebook Harisman Andek pada 6 Mei 2020, “Biar para kampreet pda kejang kejang”.

Tersemat pula dalam gambar dengan klaim menyatakan foto Jalan Tol Cisumdawu yang membelah antar gunung dan memungkinkan jarak Bandung dengan dua kota di Jawa Tengah, bisa ditempuh hanya 2-3 jam saja. 

Baca Juga: Rayakan Hari Ibu, Bunga Citra Lestari Tulis Pesan Menyentuh

Berikut ini narasi lengkap yang tersemat dalam foto yang diunggah akun Facebook Harisman Andek :

Jokowi Hebat. Jalan Tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU(CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung-Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung-Semarang hanya 3,5 jam,

Berdasarkan hasil penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs Turn Back Hoax, ditemukan fakta bahwa isu tersebut sudah pernah beredar dan sudah muncul dalam artikel periksa fakta dengan judul berbeda.

Baca Juga: Menengok Kembali Debut Dedi Kusnandar Bersama Persib Bandung, Tolak Tawaran Klub Luar Negeri

Secara detail, lansiran dari Turn Back Hoax tersebut pernah diunggah pada 25 Maret 2019 dengan judul “[SALAH] Foto penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang memangkas dan menerobos bukit”.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X