Sabtu, 28 Maret 2020

Cek Fakta: Virus Corona Bertahan dalam Tubuh Selama Lima Minggu

- 16 Maret 2020, 19:22 WIB
ILUSTRASI virus corona, COVID-19, corona, pelatih sepak bola, pelatih sepak bola, olahraga sepak bola.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Virus corona atau COVID-19 yang sudah dinyatakan pandemi oleh WHO kian meresahkan masyarakat luas.

Kini para ilmuwan saling berlomba mencari tahu cara melumpuhkan virus corona atau COVID-19 yang berasal dari negeri Tirai Bambu ini.

Di tengah usaha tersebut, para ilmuwan disebut menemukan bukti jika virus corona bertahan dalam tubuh selama 5 minggu. Lantas, benarkah kabar itu?

Baca Juga: Kabupaten Indramayu Waspada Virus Corona, Ada 3 ODP dan 1 PDP

Menurut para ilmuwan, virus corona dikabarkan dapat bertahan pada pasien selama lebih dari sebulan, hal ini memungkinkan bila mereka yang sudah tak menunjukan gejala dapat kembali menularkan virus pada mahluk hidup lainnya.

loading...

“Temuan tersebut memiliki implikasi penting untuk pengambilan keputusan, baik untuk isolasi pasien dan panduan seputar lamanya pengobatan antivirus,” ujar Fei Zhou dan penulis lain dari Chinese Academy of Medical Sciences seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Fox News.

Tim peneliti di Tiongkok menganalisis data dari  pasien di Rumah Sakit Jinyintan dan Rumah Sakit Paru Wuhan.

Hasilnya, 191 pasien yang telah dinyatakan positif terserang virus corona termasuk 54 pasien yang telah meninggal dan pasien yang sedang dirawat menunjukan bila RNA, asam ribonukleat materi genetik virus corona, menunjukan rata-rata dapat hidup di tubuh pasien selama 20 hari.

Baca Juga: Peta Sebaran Kasus COVID-19 di Jawa Barat Sebut Ada 2 PDP Corona di Pangandaran, Bupati Jeje Kaget dan Protes

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Fox News, Business Insider

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X