Cek Fakta: Bahasa Indonesia Dikabarkan Jadi Bahasa Kedua di Vietnam, Simak Faktanya

- 18 Oktober 2021, 20:04 WIB
Ilustrasi bendera Vietnam.
Ilustrasi bendera Vietnam. /Pexels/Hugo Heimendinger

PIKIRAN RAKYAT - Beredar kabar di media sosial Facebook yang menyebutkan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam.

Dalam narasinya, bahasa Indonesia disebut sudah menjadi bahasa resmi kedua Vietnam sejak tahun 2007.

Bahasa Indonesia juga dikatakan sudah sejajar dengan bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris, Prancis, Jepang. Berikut adalah narasi selengkapnya.

"Bahasa Indonesia sudah diakui banyak negara sebagai bahasa resmi setelah bahasa lokal negara-negara asing. Pemerintah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua pada Desember 2007."

"Penggunaan bahasa Indonesia di Vietnam sejajar dengan penggunaan bahasa Inggris,  Prancis, Jepang, di negeri itu. Lebih lanjut, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa wajib yang digunakan tentara Kamboja."

Baca Juga: Pukulan 'Aneh' Anthony Ginting Dipuji Dunia, Pemain China Sampai Tak Berdaya

Lantas benarkah kabar tersebut? Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara pada 18 Oktober 2021, kabar yang menyebutkan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam diduga bermula dari kesalahpahaman saat mendengar perkataan Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City pada tahun 2009 silam.

Konjen RI kala itu mengatakan, bahasa Indonesia akan diprioritaskan menjadi bahasa kedua di Vietnam sebagaimana bahasa Inggris, Prancis, Jepang.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Kabar Rachel Vennya Akan Jadi Duta Covid-19, Simak Kebenarannya

Namun, sebagaimana diterangkan Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi, bahasa Indonesia akan diprioritaskan bukan berarti otomatis menjadi bahasa kedua di Vietnam.

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X