Cek Fakta: Elite Global Diklaim Keluarkan Daftar Varian Corona yang Telah Direncanakan, Simak Faktanya

- 3 Agustus 2021, 14:41 WIB
Unggahan tabel berisi daftar varian virus Corona.
Unggahan tabel berisi daftar varian virus Corona. /Jabar Saber Hoaks

PIKIRAN RAKYAT – Masih saja ditemukan informasi palsu atau hoaks di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang masih terus berlangsung di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Baru-baru ini, beredar unggahan tabel berisi daftar varian virus Corona di media sosial.

Dikatakan bahwa tabel yang memuat daftar varian virus Corona tersebut sebagai klaim jadwal rilis varian Corona, yaitu adanya varian Corona seperti Delta yang dirilis pada Juni 2021.

Selain itu, terlihat pula sejumlah varian yang akan dirilis pada 2022 dengan mencatut lambang WHO, World Economic Forum, dan John Hopkin University.

Baca Juga: Cek Fakta: Penyintas Covid-19 Disebut Tak Perlu Tunggu 3 Bulan untuk Vaksin, Simak Faktanya

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Jabar Saber Hoaks, Selasa, 03 Agustus 2021, tidak ditemukan bukti yang mengaitkan kemunculan varian baru virus Corona yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), World Economic Forum, dan John Hopkin University.

Disebutkan jika munculnya varian baru adalah hasil mutasi secara alami virus.

Sementara itu, pesan yang beredar di media sosial terkait unggahan tabel daftar varian virus Corona mengambil seluruh alfabet dalam Yunani kuno dengan menggunakan beberapa abjad sebagai nama varian baru SARS-Cov-2.

Dilaporkan bahwa secara resmi penggunaan alfabet Yunani digunakan pada 31 Mei 2021 yang bertujuan menghilangkan stigma dari nama-nama varian baru yang sebelumnya diidentikan dengan negara tertentu.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Jabar Saber Hoaks


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X